VIDEO: Kemampuan Tempur dan Manuver Su-35


Kementerian Pertahanan Rusia memublikasikan sebuah video yang memamerkan kemampuan pesawat tempur Su-35S.

Rekaman itu menunjukkan penerbangan pesawat mulai dari lepas landas hingga atraksi manuver, seperti formasi “daun maple”, yang hanya bisa dilakukan oleh pesawat yang memiliki thrust vectoring atau lubang buang mesin jet (nozzle) yang bisa dibelokkan sehingga memungkinkan sebuah pesawat mengatur arah semburan dari mesin jetnya untuk memberikan dorongan vertikal ke atas.

Pesawat tempur Rusia ini tak hanya memiliki kemampuan manuver dan pertempuran udara yang luar biasa, tapi juga dilengkapi dengan sistem deteksi musuh dengan jarak 400 km. Sistem tempur pesawat ini bahkan dapat melacak hingga 30 target secara simultan dan menembak delapan target di antaranya.

Su-35S dapat membawa hingga delapan ton metrik rudal udara-ke-udara dan rudal udara-ke-permukaan dengan berbagai kemampuan di dalam 12 stasiun senjatanya. Selain itu, pesawat ini dapat melancarkan serangan dari kejauhan di luar zona yang terlindungi sistem pertahanan udara musuh.

Saat ini, Pasukan Kedirgantaraan Rusia memiliki 52 unit jet tempur Su-35.

Akhir tahun lalu, Tiongkok telah menerima empat jet tempur Su-35 pertama mereka. Di tahun-tahun mendatang, 12 pesawat Su-35 diharapkan akan memperkuat Angkatan Udara Indonesia.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait