Satelit Israel Kembali Intai Markas AL Rusia Di Tartus, 1 Frigate Dan 1 LST Ada Di Sana


Satelit Israel Eros B kembali menunjukan kedigdayaannya sebagai satelit pengintai nomor wahid dikutip dari akun twitter Image Sat International (22/11/2018) satelit pengintai Israel ini berhasil memotret keberadaan kapal-kapal perang AL Rusia di pelabuhan Tartus Syria, dalam pengintaian tersebut hanya dua kapal perang yang sedang bersandar di pelabuhan tersebut.

Dua kapal perang tersebut adalah frigate Admiral Makarov dan kapal pendarat tank/Landing Ship Tank (LST ) Nikolai Flichenkov dari Alligator Class. RFS Admiral Makarov 799 adalah salah satu dari tiga kapal perang kelas Admiral Grigorovich, kapal frigate ini dirancang agar bisa berperang di tiga media yaitu anti kapal permukaan (ASuW), Anti serangan udara (AAW) dan Anti Kapal Selam ( ASW ).

Untuk dapat berperang di tiga media para desainer Rusia melengkapi kapal perang ini dengan seabrek persenjataan terkini, dimulai dari bagian haluan terdapat meriam utama (main gun) AK 190 kaliber 100 mm dengan jangkauan tembak hingga 21 Km, untuk melawan kapal selam musuh frigate ini dipersenjatai dengan roket RBU 6000 dan empat peluncur torpedo kaliber 533 mm.

Sedangkan kapal LST Nikolai Flichenkov Alligator Class merupakan kapal pendarat tank serbaguna, mulai memasuki masa dinas tahun 1964 pada AL Soviet. Kapal sepuh sepanjang 112 meter ini mampu membawa muatan seberat 1.000 ton muatan atau 300-400 orang pasukan bersenjata lengkap plus 20 ranpur lapis baja.

Walaupun judulnya adalah kapal angkut namun Soviet mendesain kapal ini agar bisa membawa senjata offensive yaitu roket multilaras Grad 122 mm untuk membantu pendaratan pasukan. Kedepan kapal pendarat ini akan digantikan oleh kapal pendarat kelas Ivan Green yang lebih moderen.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait