Militer Jepang Kembali Beli Jet Tempur Berteknologi Siluman Ini!


Jepang secara resmi telah mengumumkan niatannya untuk membeli jet tempur berteknologi siluman dari Amerika Serikat F-35B Lightning II. Walaupun sudah memiliki F-35A, Jepang membeli F-35B agar bisa dipasangkan dengan kapal induk helikopternya dari kelas JS Izumo.

Dengan kapal induk yang bisa mengoperasionalkan jet tempur, kita tentu teringat kembali pada era imperialisme Jepang di masa Perang Dunia II ketika Jepang dengan Kaigun (Angkatan Laut Kekaisaran) sempat ditakuti karena memiliki kapal induk dan pesawat tempur seperti Zero yang unggul dari pesawat sekutu.


Jepang diperkirakan akan mulai membeli pesawat F-35B pada 2022 dan berharap menerima seluruh pesawat itu pada tahun 2026. Total F-35B yang dibeli diperkirakan mencakup 40 pesawat, cukup untuk membentuk 3 skadron, 2 skadron aktif bersama kapal induk dan 1 skadron latih.

Secara resmi Jepang menggunakan F-35B untuk misi pertahanan pulau-pulau terluar karena kemampuannya untuk lepas landas dan mendarat tanpa membutuhkan landas pacu. Korps Marinir AS sendiri menempatkan sejumlah F-35B di Jepang untuk memperkuat pertahanan negara kepulauan tersebut.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait