Buaya Penghancur dari Udara, Heli Tempur Ka-52

Heli ini berfungsi sebagai penyerang, pengintai, dan penghancur tank lawan. Uniknya heli ini menggunakan baling-baling koaksial, yang saling tumpang tindih. Tidak seperti heli kebanyakan yang menempatkan satu baling-baling, pada bagian ekor. Namun disini kejelian Rusia dalam merancang heli, membuat heli stabil saat hover atau diam di udara.

Kemampuan heli ini tidak diragukan lagi, senapan 2A42 30 milimeter, roket kendali Vikhr PTUR(Protvo-Tankoviy Upravlyaemye Rakety), sinar laser Lazerno-Luchevoy Kanal Upravleniya. Dengan persenjataan seperti itu, musuh harus waspada ketika menghadapi heli yang dijuluki buaya ini. 

Canggih dan terbaik bukan berarti heli ini tidak dapat jatuh, pada 13 maret 2012 sebuah heli Ka-52 terjatuh di kawasan Torzhok, Moskow. Navigator tewas sedangkan pilot selamat, tidak diketahui mengapa heli tersebut terjatuh. Banyak pihak menuding konfigurasi baling-baling yang menumpuk, membuat heli gampang dijatuhkan dengan cara ditembak. 

 Rusia berencana menempatakan heli Ka-52 di kapal induk mini, Mistral. Namun Prancis masih menolak menyerahkan kapal tersebut ke Rusia, terkait krisis Ukraina. Keberhasilan Rusia membangun heli ini patut diapresiasi, karena Rusia dapat berkembang dengan ide yang sangat orisnil. 

Heli tempur Ka-52 Alligator, merupakan heli tempur generasi terbaru milik Rusia. Dikembangkan oleh biro desain Kamov pada 1997, untuk menggantikan Ka-50 Chyornaya Akula. Ka-50 hanya diawaki 1 pilot, sedangkan Ka-52 diawaki 2 orang. Secara psikologis, meringankan beban mental ketika harus bertempur di wilayah lawan. 

Kinerja avionik pun terhitung canggih, mengandalkan 2 mesin turboshaft Klimov VK-2500. Kecepatan heli ini 300 Km/perjam, ketinggian terbang 5.500 m, dan kemampuan jelajah hingga 1.110 km. Sistem avionik yang canggih membuat heli ini mampu membuat manuver di ruang terbatas, sehingga heli jadi lebih mematikan.

Tag :
#berita militer, #jet tempur terbaik, #jet tempur termahal, #kapal induk terbaik, #kapal induk terbesar, #jet tempur tercepat, #helikopter terbesar, #helikopter termahal didunia, #berita militer indonesia, #pasukan khusus, #militer terkuat didunia, #militer terlemah, #militer terbesar didunia, #angkatan bersenjata, #berita alutsista, #berita artileri, #militer indonesia, #TNI, #TNI AD, #TNI AU, #KOpassus, #Kopaska, #Paskhas, #Tontafib, #analisis militer, #alutsista TNI

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait