Cina Siapkan Kapal Induk Ketiga, Pakai Teknologi Tercanggih.


Pemerintah Cina untuk kali pertama melalui media resmi Xinhua mengungkap bahwa negerinya telah mulai membangun konstruksi untuk kapal induk ketiga.

Ini merupakan suatu langkah yang sangat cepat, karena baru 6 tahun lalu PLAN (People’s Liberation Army Navy) memiliki kapal induknya yang pertama, Liaoning.

Kapal induknya yang kedua, sementara dinamai Type 001A, masih menjalani pengujian laik lautnya dan belum lagi memasuki dinas aktif. Kapal induk ketiga PLAN ini diperkirakan akan memakai teknologi canggih EMALS (Electromagnetic Catapult Aircraft Launch System).

EMALS sendiri merupakan teknologi revolusioner menggantikan sistem ketapel uap konvensional yang jadi standar banyak kapal induk di dunia. EMALS dipandang jauh lebih efisien dan efektif dibanding ketapel uap yang makan tempat dalam meluncurkan jet tempur. AS sendiri masih melakukan riset dan ujicoba terkait sistem EMALS dan belum lagi mengoperasionalkannya.

Kapal induk ketiga Cina ini diyakini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding 2 kapal induknya yang pertama. Sejumlah pihak menyebut bahwa kapal ketiga ini mulai dibuat di Shanghai, di galangan kapal Jiangnan milik China State Shipbuilding Corporation.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait