NATO Libatkan 5.000 Personel dalam Latihan Anti Kapal Selam

Angkatan laut Finlandia berptroli di perairan sekitar Helsinki setelah menemukan sebuah kapal selam tak dikenal di wilayah perairannya. 
Pemerintah Norwegia menyatakan sedikitnya 5.000 personel militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan ikut ambil bagian dalam latihan militer anti kapal selam yang diadakan awal Mei 2015. Latihan ini digelar di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah Skandinavia dan semakin sering terlihatnya kapal-kapal selam di perairan sekitar.

Latihan militer ‘Dynamic Mongoose’ rencananya akan berlangsung dari 4 Mei hingga 13 Mei 2015 di Laut Utara dan Laut Sekagerrak. Beberapa kapal selam, kapal perang dan pesawat udara akan dilibatkan dalam latihan militer ini.

Dua negara Skandinavia yang bukan merupakan anggota NATO, Finlandia dan Swedia menyatakan pihaknya telah mendapati adanya kapal selam di wilayah perairan mereka. Meski begitu kedua angkatan laut kedua negara gagal memburu kapal selam itu.

“Norwegia adalah tempat yang menarik untuk melakukan latihan dan berlatih bagi pasukan asing. Sangat penting bagi Norwegia bahwa NATO dapat melakukan operasi anti kapal selam di wilayah kami,” kata Kepala Angkatan Laut Norwegia, Komodor Ole Morten Sandquist, yang dikutip Sputnik, Jumat (1/5/2015).

Pernyataan di laman NATO mengatakan latihan militer itu akan dilakukan dari darat, udara, permukaan dan bawah laut. Latihan ini dinilai baik bagi NATO dan Norwegia untuk menambah kemampuan dalam operasi serprti ini karena sulitnya menemukan kapal selam di sepanjang pantai Norwegia. (Okezone)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait