Pesawat terbesar di abad 21 Cro Stratolaunch

Satu pesawat yang sedang dibangun adalah pesawat Roc Liar atau disingkat Roc. Pesawat ini memiliki lebar sayap paling besar, mencapai panjang 117 meter. Pesawat Roc di rancang untuk membawa roket ke ruang angkasa. Disebut juga Stratolaunch Carrier Aircraft. Roket untuk ke ruang angkasa dibawa terlebih dahulu dengan pesawat tersebut. Sampai ketinggian tertentu baru  dilepas dan roket melanjutkan penerbangan ke antariksa yang lebih tinggi.

Dana pembuatan pesawat Roc adalah seorang yang paling dikenal di dunia teknologi. Namanya Paul Allen salah satu pendiri perusahaan Microsoft. Pesawat dirancang dengan kemampuan membawa beban 540 ton termasuk badan pesawat dan roket serta modul. Panjang badan pesawat ke arah belakang relatif lebih pendek dan bentangan sayapnya belum dikalahkan model pesawat lain. Dipasang mesin pesawat sampai 6 unit.

Mungkin ada yang mengatakan, pesawat ini tidak akan terbang. Karena terlalu besar atau mungkin nantinya terlalu berat. Tunggu dulu, disini berbicara dengan nama orang terkaya di dunia. Dan proyek pengerjaan pesawat Roc ditangani oleh Gary L Wentz sebagai kepala insiyur Nasa.

Pesawat sedang dirakit di Mojave California. Gambar diibawah adalah bentuk pesawat Roc. Dan lingkaran pada gambar kedua perbandingan teknisi yang sedang merakit pesawat. Bagian ketiga dengan lebar sayap mencapai 117, menjadi pesawat dengan sayap paling lebar.

Pesawat Roc memiliki 12 tiang roda dan 28 roda pesawat. Rencananya pesawat ini mulai beroperasi pada tahun 2018. Roket yang dibawa pesawat ini untuk tipe roket Thunderbolt dengan sistem 3 tahap.Sedangkan mesin pesawat mengunakan 6 mpdel Pratt & Whitney PW4056.

Untuk mesin Roc tidak mengunakan mesin baru, tapi diambil dari mesin pesawat bekas Boeing 747-400. 2 pesawat United Airlines Boeing 747-400 kabarnya sudah di dapat untuk pesawat Roc dan disimpan di Mojave Air & Space



Sumber : Obengplus

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait