Pesawat terbesar dari komersil angkutan dan militer

Melihat lagi kebelakang, beberapa pesawat terbesar yang pernah dibuat dan masih terbang sampai saat ini.

Lockheed C5 Galaxy 


Mengunakan 4 mesin General Electric TF39-GE-1C turbofan. Pesawat ini digunakan untuk militer, untuk membawa peralatan dan kendaraan. Hanya dimiliki Amerika. Nama lain sebagai pesawat Galaxy. Bukan pesawat baru, pertama terbang tahun 1968. Ada 2 model dengan C5A dan terbaru C5B, terakhir versi upgrade C5M. Total sekitar 131 pesawat yang dibuat. Kabar terakhir ada 5 pesawat ini jatuh.

Ilyushin II-67


Pesawat jaman Soviet. Sebagai pesawat serba guna dengan 4 mesin Aviadvigatel PS-90-76 turbofan. Dimodifikasi menjadi tangki terbang, pesawat bom air, dan pelatihan astronot. Pesawat Ilyushin II-67 ada diposisi paling depan. Dibelakangnya adalah pesawat pembom strategis. Nato menyebut Bear Bomber TU 95 dan masih aktif sampai sekarang.

Pertama terbang tahun 1971. Hanya 3 negara Rusia, Ukrania dan India serta pesawat pengangkut TransAVIexport. Cukup banyak dibuat sekitar 960 pesawat.

Boeing 747-100


Dimodifikasi menjadi pembawa Shuttle Carrier Aircraft. Ada 2 pesawat dimiliki oleh Nasa. Mengunakan 4 mesin P&W JT9D-7J Turbofan. Pesawat ini mungkin sudah tidak digunakan untuk pembawa pesawat ulang aling Amerika. Setelah semua program antariksa pesawat space shuttle dihentikan.

Myasishchev VM-T Atlant


Jaman Soviet, dirancang seperti Boeing 747-100. Bertugas untuk membawa pesawat ulang alik Rusia Buran dan rocket booster. Mengunakan 4 mesin RKBM/Koliesov VD-7MD Turbojet.

Antonov AN 124 Ruslin


Jaman Soviet pada tahun 1982. Mengunakan 4 mesin Ivchenko Progress D 18T Turbonfan. Salah satu pesawat angkut militer terbesar di dunia.

Pertama terbang tahun 1982. Dimiliki angkatan udara Rusia, Antonov Airlines dan Volga Dnpr Airlines. Hanya 55 pesawat dibuat.


Boeing C17 Globemaster III


Pasti sudah tahu dengan pesawat angkut Amerika ini. Ketika perang teluk, pesawat ini paling sering mondar mandir membawa peralatan militer. Selain pengangkut militer, C17 digunakan untuk membawa mobil presiden dan peralatan keamanan. Ini pesawat baru dan pertama diperkenalkan tahun 1995. Generasi pertama masih kalah kuat dibanding C5 Galaxy dengan daya angkut 100 ton lebih.

Pertama terbang tahun 1991, dan resmi diperkenalkan 1995. Sekitar 250 pesawat yang dibuat sampai Desember 2012. Dimiliki Amerika, Inggris, Australia dan India.

Airbus Beluga 


Milik Airbus, bertugas membawa cargo ukuran besar bagi peralatan konstruksi dalam perakitan pesawat Airbus. Disain aslinya dari Airbus A300-600 yang dimodifikasi dibagian atap lebih besar.

Boeing 747 Large Cargo Freighter LCF atau Dreamlifter 


Pesawat ini dirancang untuk membawa peralatan pesawat dari perusahaan Boeing. Mengunakan 4 mesin Pratt & Whitney. Kemarin pilot pesawat ini sempat nyasar ke bandara kecil pada tengah malam. Untung masih bisa take off dari bandara kecil untuk kembali ke tempat tujuan

Boeing 747-8F 


Pesawat ini dirancang dari pesawat penumpang Boeing 747. Mengunakan 4 mesin Genx 2B67. Tapi ukurannya memang besar, alias lebih panjang Menjadi pesawat cargo ke 2 terbesar setelah Mrya buatan Soviet

Antonov An 225 Mriya 


Jaman Soviet masih sering terbang di pameran air show Mesinya 6 unit buatan ZMKB Progress D 18 turbofan. Sempat digunakan untuk proyek space shuttle Buran atau pesawat ulang alik Soviet. Masih memengang rekor pesawat terberat dan terbesar di dunia.

Pesawat Mriya mampu takeoff dengan beban total 640 ton, dan belum ada pesawat dengan daya angkut selain Mriya.


Catatan rekor terakhir, pesawat mampu membawa beban angkutan 156 ton. Dibanding Boeing 747-800, pesawat ini masih lebih panjang 8 meter. Tidak semua bandara muat untuk memarkir pesawat. Bila tidak muat di parkiran bandara, maka pesawat akan ditaruh di dekat landasan. Satu mesin memiliki berat 4 ton, total ada 6 mesin di sayap. Tetapi tangki pesawat baru terisi penuh dengan total beban 365 ton untuk terbang 15000km lebih. Ketika terbang, bahan bakar pesawat habis 15 ton perjam. Sayap pesawat ini masih menjadi sayap terbesar pesawat yang pernah dibuat. Ban pesawat akan diganti setelah 90 kali mendarat, satu ban seharga $1000.

Di pesawat selain 2 pilot ada 6 petugas yang membantu. Karena pesawat Myrna adalah pesawat kuno, instrumen kemudi pesawat dan peralatan lain mengunakan sistem manual. Antonov An 225 Mriya membutuhkan kecepatan 240-280km perjam untuk landing dan takeoff. Pesawat baru masuk servis setelah 8000 jam terbang, atau 2000 kali takeoff dan landing.

Sumber : Obengplus

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait