Koalisi Arab Saudi Akhiri Operasi Militer ke Yaman


Koalisi yang dipimpin Arab Saudi menyatakan mengakhiri operasi militer ke Yaman, Selasa (21/4). Pengumuman ini disampaikan setelah Koalisi melakukan serangan udara selama 4 minggu.

"Operasi telah mencapai tujuannya...(termasuk) menghapus ancaman ke Arab Saudi dan negara-negara tetangga terkait senjata berat," begitu pernyataan Koalisi yang disiarkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) seperti dilansir Reuters, Rabu (22/4/2015).

Koalisi menyatakan operasi tahap lanjutan bertujuan untuk melindungi warga sipil, memerangi terorisme dan memfasilitasi evakuasi warga asing termasuk mengoptimalkan bantuan kepada warga Yaman

Juru Bicara Arab Saud, Ahmed Asseri menyatakan Koalisi masih tetap menargetkan penumpasan terhadap kelompok pemberontak Houthi. "Koalisi akan terus mencegah pergerakan ataupun operasi kelompok Houthi di Yaman," kata Asseri.

Fase operasi lanjutan menurutnya dilakukan dengan kombinasi politik, diplomatik dan militer.

Akibat serangan udara Koalisi Arab Saudi, jumlah warga sipil yang tewas di Yaman bertambah menjadi 38 orang. Sebanyak 532 orang lainnya luka-luka dalam serangan pada Senin, 20 April tersebut.

Serangan udara Saudi ini menimbulkan ledakan-ledakan hebat yang menghancurkan rumah-rumah warga dan bangunan-bangunan di sekitarnya, termasuk KBRI. (DETIK)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait