Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

Mobil tempur SSE P6 ATAV jadi tenar belakangan ini karena ditumpangi Presiden Jokowi di Markas Besar TNI, Cilangkap beberapa waktu lalu, padahal ia sudah muncul sejak 2 tahun lalu.

Presiden Joko Widodo menaiki kendaraan taktis (rantis) ini saat menghadiri Rapat Pimpinan TNI/Polri di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018) pagi.

Di depan pintu gerbang Mabes TNI, Presiden turun dari mobil dinas RI 1. Kemudian, Presiden pindah ke jip tempur yang disediakan TNI.

Presiden Jokowi duduk di kursi sebelah kiri sopir. Di belakangnya, duduk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersebelahan dengan Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

Jip tempur yang dinaiki Presiden berada pada posisi paling depan. Di belakangnya, lima unit jip serupa tampak mengawal mobil Presiden.

Kendaraan taktis (rantis) ini memang atraktif karena profilnya yang lebar, pipih, dan sangar.

SSE P6 ATAV pun dilengkapi sistem persenjataan sesuai trahnya sebagai kendaraan taktis yang digunakan untuk operasional prajurit TNI.

Kami beruntung sempat coba rasa berkendaranya di pabriknya yang berada di daerah Tangerang, Banten.

Menggunakan mesin turbodiesel 2.500 cc bertenaga 147 dk dengan torsi di rentang 350-an Nm, power to weight ratio-nya cukup bagus dengan bobot total 2,1 ton.

Mesin diletakkan di belakang sementara tangki BBM berada di depan.

Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

Output itu lalu disalurkan via girboks otomatis 6 percepatan ke semua roda yang dilengkapi dengan transfer case (4WD).

Yang menarik adalah kecekatannya.

Saat kami lajukan di permukaan beton, P6 ATAV berakselerasi sigap mengikuti injakan pedal gas.

Jika gas diinjak dalam tiba-tiba, maka respons akselerasinya terasa instan dan cukup menghempas penumpang jika tidak waspada.

Untunglah P6 ATAV dilengkapi seatbelt 4 titik di keempat bangkunya sehingga lebih aman secara keselamatan.

Grip roda terasa kuat menyalurkan seluruh tenaga dan torsi meski ban yang digunakan adalah ban ‘pacul’ 35 inci yang berorientasi pada permukaan tanah/off-road.

Perpindahan gigi juga cukup halus dan rapat layaknya mobil penumpang biasa bermesin diesel modern.

Pun sebaliknya, saat gas diinjak lembut, SSE P6 ATAV mampu melaju dengan sangat beadab hingga rasanya bagai membawa sebuah sedan yang halus.

Tapi soal dimensi, karena ukurannya yang sangat lebar (2,1 meter), membuat kami harus beradaptasi saat melaju di lajur yang sempit.

Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

Itu pun bukan masalah karena saat SSE P6 ATAV beraksi, ia tentu tidak berhadapan dengan kemacetan lalu lintas.

Posisi duduk, bobot setir, dan operasional tuas transmisi pun mirip dengan kebanyakan mobil penumpang masa kini.

Sehingga bisa dibilang, di balik tampilannya yang sangar, mengendarai SSE P6 ATAV bisa semudah mengendarai mobil penumpang biasa.

Sebelumnya rantis SSE P6 ATAV terlihat ikut dalam rombongan Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu, Jumat (3/11/2017) pagi.

Salah seorang yang terlihat berada dalam mobil tersebut adalah pereli nasional Rifat Sungkar.

"ATAV ini mobil buatan Indonesia. Khusus buat tentara. Ada yang buat Kopassus, ada juga yang buat Paspampres," kata Rifat saat dihubungi KompasOtomotif, usai mendampingi Jokowi meresmikan Tol Becakayu.

Menurut Rifat, Jokowi sempat hampir menaiki mobil tersebut. Karena ranpur tersebut sudah dipasangi pelat RI 1. Namun Jokowi akhirnya lebih memilih naik Land Rover 110 Country. "RI 1 naik mobil Land Rover yang ada di depannya," ujar Rifat.

Gini Rasanya Naik Mobil Tempur Kopassus Bikinan Tangerang, yang Dinaiki Jokowi

P6 ATAV diketahui mulai digunakan sejak tahun 2016. Kendaraan taktis ini sempat dipamerkan di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat saat pameran peringatan HUT RI ke-72 pada Agustus lalu.

PT Sentra Surya Ekajaya menyebut P6-ATAV dilengkapi dudukan untuk senjata, mulai dari upper gun mounting dan side gun mounting. Sementara itu, empat ban P6 diklaim sanggup menahan terjangan proyektil.

P6 ATAV menggunakan transmisi otomatis dengan dilengkapi kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 120 liter. Saat kondisi bahan bakar penuh, P6 ATAV sanggup melaju sejauh 500 km. Kecepatan maksimum mencapai 120 kpj. Dengan bobot hanya sekitar 2 ton, kendaraan ini bisa dibawa menggunakan Hercules atau digantung ke helikopter berat.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait