Ukraina Sukses Menguji Seragam Tahan Api Untuk Awak Tank


Perusahaan TEMP-3000 yang berbasis di Ukraina berhasil menguji pakaian tahan api baru dibawah program Protect Life From Fire (PLIFF) untuk awak kendaraan lapis baja, seperti dilansir dari Defence Blog.

Pengujian PLIFF tersebut dilakukan di Osaka, Jepang. Mencakup sistem manekin seukuran manusia yang mengenakan pakaian tahan api, dilengkapi 60 sensor panas oleh TEMP-3000 dan terkena semburan api dari 20 gas pembakar yang ditempatkan di tanah.

Tes tersebut menunjukkan tingkat luka bakar pada epidermis tidak melebihi 4,2%, jauh di bawah tingkat yang dipersyaratkan oleh standar internasional ISO 13506, tutur juru bicara eksekutif perusahaan. Selama tes, kaos berbahan katun, yang dikenakan oleh manekin saat terkena semburan api masih tetap utuh tampa kerusakan sedikitpun.

Tekstil khusus untuk awak kendaraan pengangkut personel lapis baja, kendaraan lapis baja, tank, sistem artileri swa gerak dan kendaraan tempur lain harus memenuhi berbagai syarat yang luar biasa, termasuk daya tahan, fleksibilitas dan kemampuan untuk berfungsi dalam panas dan dingin, lingkungan basah dan kering.



Sebagai respon pada IED yang mematikan dan efek ledakan/panas dari berbagai serangan termasuk yang melibatkan granat peluncur roket, TEMP-3000 juga telah mengembangkan varian pakaian tahan api yang lebih baik untuk awak kendaraan.

Seragam kru terdiri dari jaket dan celana panjang yang dirancang secara menyeluruh disebut sebagai “coverall”. Coverall diproduksi dari serat tahan api meta-aramid Teijinconex hingga suhu 610 °?.

Sifat khusus dari serat meta-aramid adalah tahan panas maupun api, disediakan pada tingkat molekuler, inilah mengapa sifat ini tetap sama pada keseluruhan periode penggunaan. Serat meta-aramid memiliki fitur unik pemadaman sendiri, yang menjamin perlindungan dari luka bakar tingkat kedua dan ketiga.

Serat meta-aramid tidak meleleh dan tidak menghasilkan tetesan, memiliki konduktivitas rendah dan sifat anti statis yang stabil. Struktur seratnya sangat kuat dan tidak mudah aus serta tidak mudah putus.

Pakaian tahan api buatan TEMP-3000 dapat melindungi tentara dari suhu tinggi dan nyala api serta memberikan perlindungan terhadap serpihan peluru dan pecahan lapis baja, juga dari peluru pistol 9 mm.

Solusi pakaian militer yang mengandung serat meta-aramid dapat memberikan kinerja ideal untuk beberapa ancaman, baik di ruang tertutup dalam kendaraan atau disaat sedang turun, ketika ancaman berasal dari semburan minyak yang terbakar, alat peledak improvisasi atau granat peluncur roket.

Sumber : Jakartagreater

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait