Korea Utara Tak Seseram yang Diberitakan

Pemandangan Pyongyang pada malam hari. 

PALMERAH - Korea Utara tak seburuk seperti diberitakan media Barat sebagai negara yang getol menguji coba rudal balistik dan seakan identik haus perang. Apalagi setelah uji coba peluncuran rudal itu Korut  juga selalu menggembar-nggeborkan rudalnya yang bisa dipasang hulu ledak nuklir bisa menyerang daratan AS kapan saja.

Akibatnya selain suhu politik di Semenanjung Korea makin memanas, masyarakat dunia seolah-olah juga sedang terancam peperangan menggunakan senjata nuklir kapan saja. Selain itu media-media Barat juga kerap memberitakan kondisi masyarakat Korea Utara yang dingin, miskin, dan terkesan berada di bawah tekanan.

Terlepas dari Korut dan AS yang hingga kini masih terus saja berperang urat syaraf, kondisi dalam negeri Korut ternyata tidak setegang atau seangker yang dibayangkan masyarakat internasional. Seorang pelancong asal Serawak, Malaysia, Reuben Teo (31), yang diizinkan masuk ke Korut satu bulan lalu, secara sembunyi-sembunyi berhasil memotret susana Korut. Kondisi Korut ternyata sangat indah, bersih, tertib, dan jauh dari susana negeri komunis tertutup yang sangar.

Pemandangan kota Pyongyang 

Kebersihan kota-kota di Korut sesuai dengan foto-foto yang diunggah Reuben Teo dan dimuat oleh Dailymail.co.uk demikian menyolok karena tidak ada sehelai sampah tercecer. Pemandangan ibu kota Korut, Pyongyang, saat malam hari yang selama ini diberitakan oleh media Barat tidak segemerlap ibukota Korsel, Seoul, ternyata tak sepenuhnya benar.

Sungai di Pyongyang terlihat bersih dan terjaga kerapian kawasannya.

Berdasar hasil jepretan foto Reuben Teo, Pyongyang ternyata cukup gemerlap bahkan indah saat malam hari seperti kota-kota besar lainnya di dunia. Intinya menurut Reuben Teo, Korut ternyata merupakan negara indah dan penduduknya termasuk “biasa-biasa saja dan santai” ketika melihat orang asing.

Warga Pyongyang dalam keseharian mereka.

Reuben malah menganjurkan Korut sebenarnya merupakan tempat tujuan wisata potensial yang layak dikunjungi. Buktinya orang asing di Korut yang datang sebagai turis ternyata aman-aman saja asal mengikuti prosedur yang diberlakukan oleh Korut.

Sumber : Tribunnews

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait