Proteus Dual-mode Underwater Vehicle, Amerika Serikat |
Proteus adalah generasi dual-mode kendaraan submersible dikembangkan oleh Battelle dan Huntington Ingalls Industries 'anak Undersea Solutions Group (USG), untuk memenuhi persyaratan operasional Angkatan Laut Amerika Serikat.
Menampilkan kapasitas kargo besar, kendaraan bawah air ini dimaksudkan untuk mengangkut kargo atau penyelam ke beberapa lokasi di rentang panjang.
kemampuan misi lain dari kendaraan termasuk inspeksi infrastruktur bawah laut, integrasi dan pengujian sistem payload, instalasi peralatan di dasar laut, pengembangan otonomi, dan jangka panjang dan uji durasi.
Kendaraan itu dipamerkan selama Liga Navy Sea-Air-Space Exposition 2016 diselenggarakan di Amerika Serikat.
Proteus rincian kendaraan pengembangan submersible
Bluefin Robotics, sebuah anak perusahaan dari Battelle, dan Solusi Rekayasa Columbia Group Divisi (sekarang Undersea Solutions Group) bermitra untuk pengembangan Proteus kendaraan bawah air pada bulan Februari 2012.
Bluefin memasok solusi daya, teknologi otonomi dan perencanaan misi kemampuan untuk kendaraan. Pengisian baterai dan integrasi sistem dukungan yang diberikan oleh Battelle.
Proteus menjalani misi tak berawak simulasi dalam tangki uji di fasilitas USG di Panama City, Florida, untuk jangka waktu satu bulan di 2016. Selama uji ketahanan, kendaraan bawah air perjalanan selama 2,412nm mencapai ketahanan terendam 720 jam.
Proteus desain kendaraan bawah air dan fitur
"Proteus dapat beroperasi dalam dua mode, pengiriman perenang berawak kendaraan (SDV) dan sepenuhnya-tak berawak otonom kendaraan bawah laut (UUV)."
Proteus kendaraan bawah air adalah 7.8m panjang, 1.61m-lebar dan 1.62m tinggi. Ini memiliki kapasitas kargo maksimum 1,632.9kg dan kargo adalah 4.81m³ volume. kendaraan ini memiliki empat pesawat ekor, diatur dalam konfigurasi X-ekor. Teluk kargo memiliki bukaan pintu 1.52m panjang dan 0.54m-lebar untuk penyebaran beban.
Proteus dapat beroperasi dalam dua mode, berawak pengiriman perenang kendaraan (SDV) dan sepenuhnya-tak berawak otonom kendaraan bawah laut (UUV).
Konfigurasi berawak dilengkapi dengan enam stasiun udara. Modul udara opsional ditempatkan di ruang kargo pusat untuk mendukung operator hingga 10 jam. Dalam modus tak berawak operasi, UUV mengeksekusi misi berdasarkan waypoints pra-diprogram.
Fitur tambahan dari Proteus termasuk otomatis ballast dan sistem trim, fly-by-wire kontrol, dan opsional eksternal polong kargo.
Navigasi dan komunikasi
Kendaraan submersible dilengkapi dengan dua tiang untuk memasang navigasi dan komunikasi sensor. Ini mempekerjakan radio VHF, Iridium sistem komunikasi satelit dan komunikasi FreeWave, untuk operasi di permukaan laut.
Kombinasi Benthos modem akustik, OTS Diver komunikasi dan interkom internal digunakan untuk komunikasi terendam.
Sebuah sistem navigasi yang terintegrasi yang menampilkan sistem global positioning memberikan posisi yang akurat. Sebuah doppler RDI dan sistem navigasi inersia fotonik berbasis gyro serat optik yang digunakan saat kendaraan terendam.
Dengung bawah air juga membawa empat kamera untuk pemantauan dan pengawasan, 1TB Network Attached server penyimpanan untuk menyimpan data, dan 300kHz multi-beam sonar untuk mendeteksi rintangan.
Propulsi untuk Proteus kendaraan bawah air
Kendaraan bawah laut ini didukung oleh motor listrik, mengendarai baling-baling lima pisau. Hal ini dilengkapi dengan dua vertikal dan dua pendorong horisontal untuk memastikan manuver yang lebih baik. Listrik untuk peralatan onboard, berasal dari baterai Li Polymer.
Proteus juga dilengkapi dengan sistem penyimpanan energi yang memiliki kapasitas dasar dari 148kWh dan kapasitas diperpanjang 296kWh.
Kinerja Proteus
Kendaraan submersible memiliki kemampuan untuk beroperasi hingga kedalaman 150ft dalam mode berawak dan dapat mencapai hingga kedalaman 200 kaki ketika beroperasi dalam mode tak berawak.
Proteus memiliki kecepatan maksimum 9kt dan kapasitas ballast variabel 521.6kg.