Rusia Masih Mempertimbangkan Produksi Helikopter Amfibi Mi-14


Perusahaan Helicopter Rusia masih mempertimbangkan dan belum membuat keputusan akhir tentang rencana mengaktifkan kembali produksi helikopter amfibi Mi-14.

Pada bulan Juli 2015, Perusahaan pernah berencana untuk memulai kembali produksi helikopter amfibi yang pernah berjaya pada tahun 1980-an, tapi Alexander Shcherbinin, wakil kepala eksekutif menyatakan proyek ini masih dipertimbangkan.

Scherbinin menyatakan masih melakukan studi kelayakan permintaan pasar, termasuk kebutuhan Angkatan Bersenjata Rusia dan sumber pendanaannya.

Para analis militer menilai produksi kembali helikopter amfibi ini akan menarik bagi pihak militer Rusia dan operator sipil dari perusahaan mimyak dan gas Rusia.

Disamping versi modern yang berbasis dari helikopter Mi-8, produsen juga mempertimbangkan kemungkinan versi alternatif lain, meskipun demikian pogram ini tetap menjadi ‘prioritas’ bagi perusahaan Helicopter Rusia, beber Shscerbinin.

Hampir 300 helikopter Mi-14 pernah di produksi perusahaan Kazan Helicopter antara tahun 1973-1986, namun saat ini kemungkinan masih tersisa 44 helikopter yang masih aktif bertugas di Georgia, Angkatan Laut Polandia dan Angkatan Udara Suriah.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait