Penerbang TNI AU Lulusan Terbaik Squadron Officer School Amerika Serikat

Kapten Pnb Septi Arun Dwi Saputra
Jakarta – Kapten Pnb Septi Arun Dwi Saputra, meraih predikat lulusan terbaik (Distinguished Graduate) pada pendidikan perwira skadron (Squadron Officer School)di Maxwell AFB, Montgomery, Alabama, Amerika Serikat.

Squadron Officer School (SOS) merupakan pendidikan setingkat Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) di TNI AU. Pendidikan Squadron Officer School tersebut diikuti 583 siswa (28 diantaranya siswa internasional) dari 19 negara, dan ditutup oleh Komandan Squadron Officer College, Brigjen Goodfellow di pada Desember 2015.

Pendidikan ini bertujuan mendidik, memotivasi, dan membina para perwira berpangkat Kapten menjadi pemimpin angkatan udara masa depan yang mampu mengawaki alutsista dan sistem perang udara modern. Materi pelajaran antara lain tentang: leadership, followership, team building, field leadership exercise, project-X, dan war gaming yang ditempuh dalam waktu lima minggu. Para peserta mendapatkan penilaian serta feedback dari masing-masing komandan flight.

Untuk meraih predikat siswa terbaik tidak mudah. Ada beberapa kriteria penilaian diantaranya, siswa harus masuk dalam 10 persen terbaik dan lulus dari semua graded assignment di setiap bagian dalam Commandant’s Challenge dan tentunya harus mahir berkomunikasi, memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter dan berkemampuan membangun tim di dalam kelompok.

Kapten Pnb Septi Dwi Arun, Alumnus AAU 2005 merupakan salah satu penerbang pesawat VVIP TNI AU, jenis Boeing 737. Sebelum mengikuti pendidikan, perwira penerbang Skadron Udara 17 Lanud Halim Pedanakusuma Jakarta ini, telah mengikuti Specialized English Training di Defence Language Institute (DLI), Lackland Air Force Base, San Antonio, Texas selama Sembilan minggu. Pendidikan dilanjutkan dengan Preparatory Course International Officer School (IOS), di Maxwell Air Force Base, Montgomery, Alabama selama tujuh minggu.

“Pengalaman mengikuti pendidikan Squadron Officer School ini menjadi bekal bagi saya untuk berkiprah dalam membangun dan mengembangkan TNI Angkatan Udara ke depan” ucap Kapten Pnb Septi Arun Dwi Saputra. Selamat.

tni-au.mil.id

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait