Berikut 34 Negara Yang Tergabung Dalam Koalisi Militer Anti Teror


Pekan kemarin, Arab Saudi secara resmi telah mengumumkan pembentukan koalisi militer Anti Terorisme yang terdiri atas 34 negara. Koalisi ini dimaksudkan untuk memerangi terorisme global yang semakin berkembang serta melindungi segenap negara muslim dan penduduknya dari kejahatan semua kelompok teroris.

“Negara-negara yang disebutkan di sini telah memutuskan untuk membentuk aliansi militer yang dipimpin Arab Saudi untuk melawan terorisme, dengan pusat operasi gabungan yang berbasis di Riyadh untuk berkoordinasi dan mendukung operasi militer,” demikian pernyataan bersama yang dirilis kantor berita Arab Saudi, SPA dan dilansir Reuters dan AFP.

Dan dibawah ini adalah daftar ke 34 negara tersebut,

1. Arab Saudi
2. Yordania
3. Uni Emirat Arab (UEA)
4. Pakistan
5. Bahrain
6. Bangladesh
7. Benin Turki
8. Chad
9. Togo
10. Tunisia
11. Djibouti
12. Senegal
13. Sudan
14. Sierra
15. Leone
16. Somalia
17. Gabon
18. Guinea
19. Palestina
20. Republik Federal Islam Komoro
21. Qatar
22. Cote d’Ivoire
23. Kuwait
24. Libanon
25. Libya
26. Maladewa
27. Mali
28. Malaysia
29. Mesir
30. Maroko
31. Mauritania
32. Niger
33. Nigeria
34. Yaman

Putra Mahkota Saudi, Muhammad Bin Salman, dalam keterangannya, menyatakan, negara-negara tersebut akan bekerja sama dengan sasaran melawan organisasi teroris. “Tidak hanya ISIS yang berada di sejumlah negara, termasuk yang ada di Irak, Suriah, Libya, Mesir, dan Afganistan.” Dia menambahkan, “Operasi militer disesuaikan dengan hukum yang berlaku di negara bersangkutan serta bekerja sama dengan komunitas internasional.”

Pada acara jumpa pers, sebagaimana diwartakan oleh kantor berita Saudi Press Agency, sejumlah pejabat mengatakan koalisi ini akan dipimpin oleh Kerajaan Arab Saudi, yang sekaligus menjadi tuan rumah pusat operasi gabungan pasukan koalisi.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait