Kendaraan Tempur TNI AD pun Ikut Dipamerkan


Dalam ajang pameran otomotif, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2015, yang diselenggarakan di Jakarta Internasional Expo Center (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/8), tak cuma mobil-mobil terbaru yang dipamerkan.

Bahkan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) memasang delapan kendaraan tempurnya untuk dipamerkan di stand IIMS Military Zone, tak jauh dari Kompas-Gramedia Lounge.

Delapan kendaraan tempur tersebut yaitu dua Panser Anoa buatan PT. Pindad Bandung, milik Komandao Daerah Militer Jakarta Raya (Kodam Jaya), dua Tank Leopard buatan Jerman dan Tank Scorpio buatan Inggris Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), serta dua Master Bus buatan Australia milik Komando Pasukan Khusus (KOPASUS).

Kedelapan kendaraan itu memiliki fungsi yang berbeda.

Tank Leopard merupakan kendaraan untuk menghalau sesama Tank ketika tempur, lalu Tank Scorpio berfungsi untuk menghancurkan Altileri musuh.

Sedangkan Master Bus dan Panser Anoa, berfungsi untuk membawa personel ke wilayah pertempuran secara cepat.

Berdasarkan keterangan Prajurit Kepala (Praka) Widanto (Kodam Jaya) yang menjaga Panser Anoa saat itu, Panser itu bisa menempuh kecepatan 70 Km/jam dalam kondisi ban tertembus peluru.

"Ini dibuat dengan karet khusus, jadi masih bisa lari 70 (km/jam) walau bannya kena tembak," ucapnya yang ketika itu berseragam loreng, khas militer sedang berdiri di sekitar panser dalam negeri itu, saat dikonfirmasi awak media.

Menurut perwakilan TNI-AD di IIMS 2015, Letnan dua Kavaleri (Letda Kav) Derry Harnanda (Batalyon Kavaleri I KOSTRAD) pameran kendaraan-kendaraan tempur tersebut bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan TNI.

Selai itu, sekaligus memberikan pengetahuan tentang alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI, khususnya TNI-AD. 

Sumber : Tribunnews

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait