Konfrensi Asia Afrika Bakal Dilindungi Kapal Perang dan Pesawat Tempur TNI


Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mengatakan, pihaknya menurunkan sejumlah kapal perang Republik Indonesia dan pesawat tempur.  Nanti ada manuver pesawat tempur saya berpesan agar masyarakat bisa memahami, katanya usai memimpin memimpin apel gelar pasukan pengamanan KTT Konferensi Asia Afrika (KAA) di silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/4).

 TNI, katanya  telah menyiapkan sejumlah kekuatan sesuai kebutuhan di Jakarta dan Bandung. Semuanya pun telah terorganisasi dengan baik. 

Prajurit dilatih sebelumnya dengan detail. Semua perlengkapan dipenuhi, tuturnya.

Sementara Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Agus Supriatna mengatakan, TNI AU menyiapkan satu flight (empat buah) pesawat tempur F 16 untuk menjaga jalannya KAA. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan pesawat tempur Sukhoi di pangkalan udara dia beberapa daerah. 

Di ring luar, seperti di Madiun, Jogja, dan Solo kami siagakan pesawat Sukhoi. Untuk ring satu kami siagakan F-16, ujarnya. 

Selain pesawat tempur, pihaknya juga menyiagakan Helikopter Super Puma, Pesawat Kolibri, dan Boeing untuk mengangkut kepala negara dari Jakarta ke Bandung.

 Sniper juga kami siagakan di helikopter, untuk menetralisir jalur darat, ujarnya.  

Sedangkan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Ade Supandi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan kapal perang untuk melakukan penyegatan di daerah yang dianggap bisa menjadi akses masuknya ancaman. Seperti di daerah Selat Sunda dan laut Jawa. 

Selain KRI kami juga siapkan kapal korve, kapal patroli, LPD, dan kapal escape. Pasukan katak juga disiagakan sebanyak dua tim, ucapnya. Ade melanjutkan, untuk menjaga keamanan TNI AL juga menyiapkan 1.200 personil. Selain itu TNI AL juga menyiapkan helikopter Bell dan BO, serta satu pesawat intai maritim untuk menjaga wilayah keamanan laut. Mulai hari ini sudah operasi ke pantai selatan, tuturnya.(VIVA)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait