TNI AU Akan Beli Pesawat Tanker, Radar Terbang dan Radar Rudal


maiwanews – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) pada tahun 2015 ini akan semakin kuat dengan melakukan pembelian dan program perpanjangan usia sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

Program perpanjangan usia struktur ”Falcon Star” dan peningkatan kemampuan avionik ”Mid-Life Upgrade” untuk armada pesawat F16 A/B Block 15 Skadron Udara 3 lanud Iswahjudi termasuk untuk peralatan kamera dan radar surveillance pesawat B-737 MPA (Patroli Intai Maritim).

Hal itu diungkapkan Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia di hadapan para perwira pada Exit Briefing saat acara exit briefing sebelum mengakhiri tugasnya sebagai Kasau di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/1/2015).

“Kita akan membeli 1 unit radar rudal MLAAD (Medium and Low Altitude Air Defense) dan 2 unit Radar Weibel,” kata Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, seperti disampaikan Dispenau, Jumat (9/1/2015).

Bukan hanya itu, Ida Bagus Putu Dunia menjelaskan, saat ini TNI AU sedang melakukan proses refurbisment dan pengadaan rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder baru serta berbagai pengadaan alutsista modern lainnya termasuk mempertimbangkan pengadaan pesawat pengganti F-5 dan pesawat intai Amfibi.

Ida Bagus melanjutkan, beberapa pencapain sasaran yang telah dicapai TNI AU selama ini diantaranya peningkatan tiga lanud tipe B menjadi Tipe A, delapan lanud tipe D menjadi lanud tipe C, sehingga pangkalan TNI AU saat ini terdiri dari sembilan tipe A, 13 tipe B, dan 29 tipe C.

Pembentukan Skadron 16 sehingga kekuatan skadron udara saat ini yang terdiri dari delapan skadron tempur, lima skadron angkut, tiga skadron helkopter, dua skadron VIP/VVIP, dua skadron latih dan satu skadron PTTA kata Ida Bagus, merupakan pencapaian TNI AU yang layak dibanggakan.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait