Kenapa Cerobong Asap PLTN Memiliki Ukuran Yang Luas?

Kenapa Cerobong Asap PLTN Memiliki Ukuran Yang Luas?

Pertama tama, itu bukanlah cerobong asap namun dinamakan cooling towers atau menara pendingin, jadi bukan disebut cerobong asap atau cerobong uap. Pembangkit listrik besar terutama PLTN menghasilkan panas yang sangat sangat besar, nah pembangkit listrik tersebut harus melepaskan panas tersebut untuk menghindari leleh kepada reaktor nuklir. 

Bagaimana cara melepaskan panasnya? 

Jika sebuah PLTN berdiri di dekat aliran sungai maka air sungai tersebut akan digunakan sebagai pendingin reaktor, namun jika PLTN berdiri di pinggir pantai seperti Fukushima Daiichi maka pendingin menggunakan objek air laut. Nah air tersebut berfungsi sebagai pendingin dari reaktor nuklir atau objek sebagai pelepasan panas dari reaktor, ketika air bertemu panas (Evaporasi) maka timbul lah uap, dan uap tersebut akan mengalir ke udara melalui menara pendingin tersebut.

Lalu apa fungsi fentilasi berbentuk zigzag di bawah menara pendingin?

Itu berfungsi sebagai masuknya udara segar kedalam menara pendingin, udara tersebut berfungsi mendinginkan uap air tersebut agar kembali berbentuk objek air lagi. Nah setelah objek air sudah terbentuk dari uap maka air tersebut akan kembali jatuh kebawah, fungsinya? Air yang kembali jatuh kebawah tersebut akan berfungsi kembali sebagai pendingin reaktor nuklir. Intinya fentilasi zigzag dibawah menara pendingin itu sebagai sistem pengiritan/penghematan air untuk pendingin reaktor.

Kenapa menara pendingin memiliki ukuran yang luas?

Biasanya jika menggunakan menara pendingin yang besar berarti PLTN tersebut meniliki kapasitas yang besar, kapasitas yang besar maka memiliki reaktor yang besar, reaktor yang besar berarti membutuhkan air yang besar, air yang besar untuk pendinginan berarti menimbulkan uap air dalam skala besar. Maka dari itu dibutuhkan menara pendingin dengan ukuran luas dan besar. 

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait