Rusia Akan Ikut Latihan Angkatan Laut ASEAN 2019


Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Kolonel Jenderal Alexander Fomin, mengatakan bahwa Rusia akan mengambil bagian dalam Latihan Angkatan Laut 2019 yang diselenggarakan oleh Singapura dan Korea Selatan dalam kerangka Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Hal itu disampaikan Fomin dalam sebuah pengarahan untuk instalasi asing pada hari Jumat.

Fomin mencatat bahwa Kementerian Pertahanan Rusia terus bekerja dengan negara-negara Asia Pasifik dalam format ADMM-Plus (pertemuan antara menteri-menteri pertahanan negara-negara anggota ASEAN dan mitra-mitra dialog).

“Pada Maret 2019 kami akan mengirim sekelompok spesialis Rusia (20 orang) untuk berpartisipasi dalam pekerjaan pelatihan kelompok ahli dalam kedokteran militer di bawah pimpinan Myanmar dan India. Pada Mei 2019 kami akan mengambil bagian dalam latihan multilateral angkatan laut yang diselenggarakan oleh Singapura dan Korea Selatan,” kata Fomin.

Dia mencatat bahwa dalam kerangka kerja format ini, kerja sama berkembang di bidang perang melawan terorisme, pendidikan militer, obat-obatan dan kegiatan pemeliharaan perdamaian.

“Bersama dengan Laos, Rusia adalah ketua bersama kelompok kerja pakar ADMM-Plus. Unit rekayasa Rusia saat ini berpartisipasi dalam operasi tambang di Laos. Kami juga mengajarkan pembuat sapu Laos untuk mengoperasikan peralatan insinyur yang diproduksi di Rusia,” tambah wakil menteri.

Negara-negara anggota ASEAN adalah Brunei, Vietnam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Mitra dialog asosiasi adalah Australia, India, Cina, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat, dan Jepang.


Sumber: TASS

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait