Iran Ingin Bangun Kapal Selam Kilo Class


Kementerian Pertahanan Iran berencana untuk merancang dan mengembangkan kapal selam Kilo class yang beratnya lebih dari 3.000 ton.

Menurut Fars News Agency, militer Iran akan memulai memproduksi kapal selam berat yang berbobot 3.200 ton, dalam upayanya untuk meningkatkan kekuatan pertahanan laut negara itu. Kapal selam yang mempunyai panjang 87 meter dan dengan lebar 10 meter.

Sebelumnya pada bulan November, Panglima Angkatan Laut Iran Laksamana Hossein Khanzadi, mengatakan Iran menempati urutan pertama di antara negara-negara Teluk Persia dalam memproduksi peralatan militer laut.

Telah sepenuhnya mandiri dalam hal memproduksi kapal permukaan dan kapal selam dalam negeri, jenderal Hossein Khanzadi mengatakan Iran sudah mulai memproduksi kapal selam pada tahun 2003, dan kini telah mencapai pengetahuan untuk membangun kapal selam modern.

Kapal selam buatan dalam negeri, Ghadir class yang berbobot 150 ton sekarang sudah beroperasi di armada Angkatan Laut Iran.

Kapal selam lainnya, Fateh, juga akan bergabung dengan armada Angkatan Laut Iran bulan depan.

Fateh (Conqueror) adalah 100% kapal selam buatan dalam negeri. Fateh yang berbobot 600 ton termasuk di antara kapal selam medium dan dilengkapi dengan persenjataan canggih seperti torpedo dan ranjau laut. Dapat beroperasi lebih dari 200 meter di bawah permukaan laut selama hampir lima minggu, ungkap pejabat Angkatan Laut Iran.


Sumer : MehrNews

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait