Head to Head Kekuatan Rusia, China, dan Amerika


Angkatan Laut Amerika memiliki 14 kapal selam rudal balistik dengan gabungan 280 rudal nuklir yang masing-masing dapat menghapus sebuah kota musuh, empat kapal selam rudal dipandu dengan masing-masing membwa 154 Tomahawk, dan 54 kapal selam serangan nuklir.

Mereka memiliki teknologi maju dan bersenjata berat serta bisa berlayar dengan tenang.

Rusia baru memiliki 60 kapal selam tetapi sangat mampu. Kapal selam nuklir Rusia berada setara dengan kapal selam Barat. Sementara kapal selam diesel listrik mereka adalah yang paling siluman di dunia.

Rusia juga tengah mengembangkan senjata kapal selam baru termasuk  torpedo nuklir 100 megaton yang bisa menghancurkan kota. Awak kapal selam mereka juga telah terlatih dengan sangat baik.

China hanya memiliki lima kapal selam serangan nuklir, 53 kapal selam serangan diesel, dan empat kapal selam rudal balistik nuklir, tetapi mereka sedang membangun lebih banyak lagi.

Kapal selam China mampu untuk melacak musuh. Tetpai juga harus diingat Amerika dan sekutu Pasifik menggelar perangkat canggih untuk melacak mereka juga.

Kemungkinan pemenang: Armada kapal selam Amerika masih menang. Tetapi kesenjangan terus menyempit karena inovasi China dan Rusia dan pembangunan yang cepat di galangan kapal baru akan membuat laut menjadi tempat yang lebih berbahaya bagi awak kapal selam Amerika.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait