Amuk Serdadu Afghanistan di Kamp Militer, 4 Tentara AS Diklaim Tewas

Empat tentara Amerika Serikat (AS) diklaim tewas dalam serangan orang dalam di pangkalan
militer Afghanistan

MAZAR I SHARIF - Empat tentara Amerika Serikat (AS) dilaporkan terbunuh dalam serangan “orang dalam” di sebuah kamp pangkalan militer di Afghanistan utara pada hari Sabtu. Orang dalam yang dimaksud adalah serdadu Afghanistan yang mengumbar tembakan.

Juru bicara Korps ke-209 Afghanistan Abdul Qahar Araam mengumumkan bahwa seorang tentara Afghanistan telah menembak dan membunuh empat tentara AS di pangkalan tersebut. Seorang warga Afghanistan juga tewas dalam serangan ini.

Tak lama kemudian, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan bahwa seorang tentara Afghanistan yang setia kepada kelompok militan telah melepaskan tembakan terhadap ”penjajah” asing, yang menewaskan empat orang dan melukai empat lainnya.

Sementara itu, laporan versi militer AS menyatakan tujuh tentaranya terluka dalam insiden itu.

Komando militer AS di Kabul melalui seorang juru bicara yang dilansir Reuters, Minggu (18/6/2017), mengatakan pernyataan pejabat Afghanistan yang menyebut tentara Amerika telah terbunuh tidak benar. Namun, dia mengonfirmasi bahwa tujuh tentara Washington telah dievakuasi setelah terluka dalam insiden di Kamp Shaheen, markas Korps ke-209 Afghanistan di Kota Mazar-i-Sharif utara.

Militer Jerman yang memimpin misi konsultasi multinasional yang berbasis di Mazar-i-Sharif membenarkan adanya serangan di dalam Kamp Shaheen. Namun, tidak dirinci soal korban jiwa. ”Menurut apa yang kami ketahui saat ini, tidak ada orang Jerman yang terdampak,” bunyi pernyataan militer Jerman.

Sebelumnya, pada 11 Juni 2017, tiga tentara Amerika terbunuh dan satu tentara lainnya terluka setelah seorang tentara Afghanistan mengumbar tembakan di sebuah pangkalan di Provinsi Nangarhar, Afghanistan timur. 

Sumber : Sindonews

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait