7 Awak Kapal Militer AS Hilang Usai Tabrakan dengan Kapal Kontainer

USS Fitzgerald saat berlayar di perairan Jepang usai tabrakan dengan kapal kontainer (U.S.
Navy/Mass Communication Specialist 3rd Class Kelsey L. Adams/Handout via REUTERS)

Tokyo - Sedikitnya 7 awak hilang setelah kapal militer Amerika Serikat (AS), USS Fitzgerald, tabrakan dengan kapal kontainer berbendera Filipina. Dua korban luka telah dievakuasi ke rumah sakit, dengan salah satu diantaranya merupakan komandan kapal militer AS itu.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (17/6/2017), US 7th Fleet yang berbasis di Yokosuka, Jepang menyebut Komandan Bryce Benson yang merupakan Komandan USS Fitzgerald telah dibawa ke rumah sakit militer di Yokosuka, setelah mengalami luka-luka. 

Benson dilaporkan kini dalam kondisi stabil. Tidak disebut identitas satu korban luka lainnya dalam insiden ini. 

Namun dalam pernyataan sebelumnya, Angkatan Laut AS atau US Navy menyebut helikopter Patroli Pantai Jepang membantu proses evakuasi satu personel militer AS yang mengalami luka serius dalam insiden ini. Tidak diketahui pasti apakah personel militer ini Benson atau tentara AS lainnya.

Dituturkan Patroli Pantai Jepang dalam pernyataannya, bahwa pihaknya tengah mencari 7 awak USS Fitzgerald yang hilang usai tabrakan ini. 

"Kami saat ini sedang mencari individu-individu yang hilang," terang juru bicara Patroli Pantai Jepang.

Patroli Pantai Jepang mengerahkan lima kapal, dua pesawat dan satu tim khusus yang terlatih untuk melakukan penyelamatan di laut. 

USS Fritzgerald mengalami kerusakan cukup parah di bagian kanan kapal Foto: REUTERS/Kyodo

USS Fitzgerald dan kapal kontainer ACX Crystal bertabrakan di perairan berjarak 56 mil laut atau 103 kilometer sebelah barat daya Yokosuka pada Sabtu (17/6) dini hari, sekitar pukul 02.30 waktu setempat. Yokosuka terletak di Prefektur Kanagawa, selatan ibu kota Tokyo. 

Penyebab tabrakan ini masih dalam penyelidikan. Namun diketahui perairan dekat Yokosuka cukup sibuk dilewati kapal-kapal komersial yang kebanyakan berlayar dari dan menuju dua pelabuhan kontainer terbesar di Tokyo dan Yokohama. Akibat tabrakan ini, USS Fitzgerald mengalami kerusakan cukup parah, sedangkan ACX Crystal mengalami kerusakan ringan.

"Seiring lebih banyak informasi kita ketahui, kita yakin akan membaginya dengan keluarga Fitzgerald. Seluruh pikiran dan kekhawatiran kami bagi awak Fitzgerald dan keluarga mereka," ucap Kepala Operasi Angkatan Laut AS, Laksamana John Richardson, dalam pernyataannya.

Sumber : Detik.com

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait