India Berhasil Uji Penembakan MR-SAM


Sistem pertahanan rudal Permukaan-Ke-Udara Jarak Menengah (MR-SAM) untuk Angkatan Laut India berhasil melakukan uji penembakan sebuah sasaran pesawat nirawak (PTA) pada tanggal 20 September 2016, tes pertama pada pukul 10:10 dan dilanjutkan lagi pada pukul 14:25 di Balasore, India.

MR-SAM telah dikembangkan melalui usaha patungan antara DRDO India dan IAI Israel. Sistem SAM versi Angkatan Laut, kali ini diuji dari darat dan sebelumnya telah dilakukan diuji penembakan dari kapal Angkatan Laut.

Kedua rudal langsung mengenai target masing-masing pada jarak dan ketinggian yang berbeda. Seluruh lintasan penerbangan rudal itu dilacak dan dimonitor oleh radar dan sistem elektro-optik yang terpasang di ITR (Interim Test Range).

Banyak industri yang telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem rudal, diantaranya BDL, MIDHANI, TATA, GODREJ, SEC, PEL, ADITYA dan lain-lain. Baik ilmuwan Israel dan India serta para teknisi telah terlibat dalam kampanye peluncuran.

Tim Israel dipimpin oleh Boyes Levy, Wakil Presiden IAI Israel, sedangkan Tim India oleh Patrick D’Silva, Direktur Proyek, MSR Prasad, Direktur DRDL dan Dr. BK Das, Direktur ITR. Dr G Satheesh Reddy, turut menyaksikan peluncuran rudal tersebut.

Sumber: Defense Aerospace

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait