SAKTI, Soldier Combat Gear Masa Depan Malaysia


Jika Rusia punya sistem Combat Gear masa depan yang bernama RATNIK dan Peancis dengan FELIN-nya, maka Malaysia pun tidak kalah dengan rencana peluncuran program seragam tempur masa depan terintegrasi yang diberi nama SAKTI (Soldier Advanced Kombat Technologi Integration).

Yang unik nama combat gear masa depan Malaysia sama dengan nama combat gear Indonesia yang juga diberi nama SAKTI (Sistem Angkut Kelengkapan Tempur Individu).

Tapi mungkin perbedaanya hanya pada sistem combat gear Malaysia yang terintegrasi, sedangkan milik Indonesia terdiri dari perlengkapan tempur modern tapi belum terintegrasi.


Masih dalam tahap studi dan eksperimen yang dimulai sejak tahun 2011, SAKTI Malaysia terdiri dari tiga bagian terintegrasi, Head Sub System (HSS), Body Sub System (BSS), dan Weapon Sub System (WSS).

Head Sub System (HSS) terdiri dari helm anti peluru dengan kamera, mikrofon dan Head Mount Display night vision dengan output data yang terintegrasi dengan komando pusat.

Body Sub System (BSS) terdiri dari rompi anti peluru dengan sistem pengendali, radio komunikasi, kamera mikro, navigasi GPS dan baterai ion-lithium sebagai sumber tenaganya.

Weapon Sub System (WSS) terdiri dari senapan serbu yang dilengkapi dengan lima tombol nirkabel untuk mengaktifkan radio komunikasi, mengaktifkan atau mematikan atau mengatur kecerahan layar Head Mount Display (HMD). Belum diungkapkan jenis senjata serbu yang akan melengkapi sistem SAKTI Malaysia.


Sistem SAKTI juga mencakup penggunaan drone UAV yang terhubung dengan pasukan dan sistem komando pusat.

Peralatan tempur SAKTI militer Indonesia

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait