Penyebab Jatuhnya Pesawat T-50 Golden Eagle

Apa penyebab jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle yang kemarin melakukan akrobatik di Gebyar Dirgantara 2015 ?. Tentu kita tidak tahu pasti, sampai ada hasil penyelidikan yang menyeluruh atas kejadian itu. Namun pernyataan seperti itu, bukanlah suatu jawaban, melainkan hanya menambah daftar pertanyaan yang ada di kepala.

Sambil menunggu hasil investigasi resmi, mari kita simak, analisa pribadi dari Rekan : your crew squad , yang saya kutip dari komentarnya di artikel Review Atraksi Jet Tempur TNI AU

21 December  2015 :

ANALISA PRIBADI
  1. Pada 10 DETIK SEBELUM PESAWAT JATUH T 50 TIDAK MENDENGAR GEMERUH SUARA ENGINE ( kemungkinan Engine failure” hanya analisa pribadi “)
  2. Pada gerakan rolling pertama pesawat menukik ke bawah karena kehilangan daya dorong (engine failure).
  3. Pilot & co-pilot bisa bail out(eject) pada detik2 tersebut, tapi sang pilot & copilot memutuskan berusaha untuk menyelamatkan pesawat / aset negara, dgn cara merecovery pesawat dengan mengaktifkan “BATERY RECOVERY” tapi sayang karena ketinggian sudah terlalu rendah pesawat menghantam gedung di lokasi tersebut.
  4. Batery Recovery ( ini adalah kelebihan dari T 50 apabila pesawat mengalami engine failure, batery ini akan men support engine dan memberikan daya dorong selama 15 menit)
Kisah nyata kejadian ini sudah pernah dilakukan oleh Alm. Letkol Marda S pada saat Home Flight dari Halim ke Iswahjudi (setelah acara serah terima T 50 dari KAI Korean ke Kemhan) pesawat mengalami engine failure di atas kota Cirebon kemudian sang pilot memutuskan mamakai battery recovery tersebut dan karena heading pesawat ke arah timur pilot melaksanakan emergency landing dan peswat shut down di tengah runway di lanud A Yani Semarang ( Lanud Terdekat) dan beliau telah menyelamat kan peswat tersebut.

Saya yakin beliau-beliau akan memberikan yang terbaik untuk bangsa ini dan “Mereka adalah Pilot Terbaik”.

“SELAMAT JALAN COMMANDER SEMANGATMU AKAN SELALU DI HATI KAMI” terimakasih atas bimbinganmu , SELAMAT JALAN PAHLAWAN.

Tentara Langit Pahlawan Hati,
Pengabdian tiada henti.

Jayalah NKRI !!!!

Ini hanya analisa pribadi kami

by : your crew squad

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait