Deretan Kereta Api Paling Spektakuler di Dunia

1. Kereta Api Maglev Jepang


Kereta api dengan teknik maglev alias levitasi magnetik buatan Jepang memecahkan rekor kecepatan dunia, Selasa (21/4/2015), dalam sebuah uji coba di dekat Gunung Fuji dengan mencapai kecepatan 600 kilometer per jam.

Kereta api yang menarik tujuh gerbong itu bahkan sempat mencapai kecepatan 603 kilometer per jam dan berhasil melaju 600 kilometer per jam selama 11 detik. Demikian operator Central Japan Railway (JR Central) menjelaskan.

Rekor kecepatan ini terjadi kurang dari sepekan setelah operator kereta api yang sama mencatatkan kecepatan 590 kilmeter per jam, memecahkan rekor yang bertahan sejak 2003, yaitu mencapai 581 kilometer per jam.

2. CRH380A


Rekor kecepatan itu ditetapkan selama uji coba di jalur yang belum dibuka antara Beijing dan Shanghai menurut Kantor Berita Xinhua.

Mencapai 302 mil per jam (486 kilometer per jam) kereta itu mencatatkan kecepatan tercepat oleh kereta api komersial konvensional tanpa modifikasi.

Ia mencapai kecepatan tertinggi pada sebuah segmen dari jalur sepanjang 1.318 kilometer (824 mil) antara Kota Zaozhuang di Provinsi Shandong dan Kota Bengbu di Provinsi Anhui, kata Xinhua.

Rekor dunia baru itu dicapai selama uji coba untuk kereta yang disebut CRH380A, hanya beberapa bulan setelah satu kereta api model yang sama memecahkan rekor setelah mencapai kecepatan tertinggi 416,6 kilometer per jam.

Namun, meski mencatat dua rekor sejak September, para pejabat kereta api Cina mengatakan mereka ingin mencapai kecepatan lebih dari 312mph (500kpm)

Jalur baru itu akan dibuka pada tahun 2012 dan akan membuat waktu tempuh antara ibu kota Beijing dan Shanghai tinggal setengah waktu tempuh saat ini menjadi lima jam.

3. Siemens Velaro


Velaro merupakan jenis kereta yang dapat melaju dengan kecepatan sangat tinggi mencapai 403 km/jam tanpa modifikasi sedikitpun. Kereta api berkecepatan tinggi ini mampu memberikan kenyamanan bagi para pengusaha hingga para penumpang kelas ekonomi.

Salah satu generasi Velaro, Siemens Velaro E/AVS 103 berhasil memecahkan rekor sebagai kereta tercepat keempat di dunia. Kereta tersebut telah terbukti handal melayani rute Madrid ke Barcelona selama bertahun-tahun tanpa cacat.

Kereta berteknologi Jerman yang kini dioperasikan Spanyol tersebut mampu menembus jarak sejauh 625 km hanya dalam waktu kurang dari 2 jam 30 menit. Dalam setahun, Velaro E mampu menembus sejumlah rute hingga mencapai jarak 500 ribu km.

4. Shinkansen


Shinkansen adalah jalur kereta api cepat Jepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways.

Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam.

Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut

5. ICE 3


ICE 3 atau InterCity Express (ICE 3) nama kereta cepat milik Jerman. Kereta ini mengarungi rute Frankfurt dan Cologne di Rhine Valley, Munich dan Nuremberg di Bavaria. Kereta ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. ICE 3 memiliki kecepatan hingga 368 km/jam.

6. TGV


TGV adalah produk andalan dari Perancis, hampir sama dengan ikon menara Eiffel dan Baguettes. Layanan kereta berkecapatan tinggi ini mulanya dikembangkan pada tahun 1970-an dan dibuka untuk umum pada 1981. Pada saat ini mencapai 150 kota-kota di Perancis dan beberapa kota asing yang terletak di Belgia, Jerman, Luksemburg, Italia dan Swiss.

7. Trans-Siberian Express


Jalur kereta api Trans-Siberia adalah jaringan kereta api yang menghubungkan Moskwa dan Eropa Rusia dengan provinsi-provinsi Timur Jauh Rusia, Mongolia, China dan Laut Jepang. Dengan panjang 9.289 km (5.772 mil), jalur ini merupakan jalur kereta terpanjang di dunia. Jalur ini memiliki percabangan ke Mongolia, Tiongkok, dan Korea Utara. Jalur ini menghubungkan Moscow dengan Vladivostok sejak 1916, dan masih diperpanjang sampai sekarang.

Jalur ini dibangun tahun 1891 sampai 1916 dibawah supervisi pemerintah Rusia yang disetujui oleh Tsar Alexander III dan anaknya, Tsar Nicholas II.

8. Orient Express


Dibangun pada 1883, kereta api Orient Express merupakan moda transportasi mewah pada jamannya.




Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait