Perawan Indonesia dalam Cengkraman Militer Jepang (Hal2)

Tentara Jepang
Pramoedya Ananta Toer dalam catatan Pulau Buru berjudul Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer menggambarkan bagaimana tentara Jepang memperlakukan para gadis terpelajar itu sebagai budak seks.

Dengan menggunakan motor, para tentara Jepang menjemput para remaja putri pilihan ke rumah-rumah warga di kota, desa, dan kampung. Mereka lalu dibawa ke tempat pengepulan atau penampungan dengan penjagaan ketat.

Di Surabaya, tempat pengepulan itu berada di Jalan Peiping, sekarang bernama Jalan Sidolawang Baru, di Kompleks Perumahan Kotapraja. Di Jakarta, mereka ditempatkan di rumah keluarga De Boer.

Rumah itu berada di Jalan Bungur, dekat Stasiun Senen. Sedangkan di Solo, tempat pengepulan itu berada di Jalan Purwosari, sekarang bernama Jalan Slamet Riyadi. Semua tempat itu dijaga ketat tentara.

Para gadis yang dibawa tentara Jepang rata-rata berusia 16-19 tahun. Pada awalnya, mereka sangat senang mengikuti program pendidikan itu. Namun, ada juga yang mengikutinya dengan perasaan berat.

Saat para gadis itu di tempat pengepulan, banyak para tentara Jepang yang datang diangkut mobil truk. Sebagian tentara itu diketahui dalam keadaan mabuk. Mereka juga kerap berlaku kasar dan tidak sopan.

Tidak ada yang mengetahui apa yang dilakukan para tentara itu, karena tempat pengepulan selalu tertutup rapat dan dijaga banyak tentara bersenjata lengkap. Dari tempat ini, para gadis itu dibawa ke pelabuhan.

Dari pelabuhan, mereka diangkut ke dalam kapal-kapal dengan tujuan yang satu dan lainnya saling berbeda. Sejak berada di dalam kapal, para gadis ini diperkosa satu persatu oleh para tentara Jepang.

Ada yang berusaha melarikan diri dengan cara melompat ke laut, namun berhasil digagalkan, dan diperkosa dengan beringas. Selama dalam perjalanan di laut, para gadis malang ini harus melayani nafsu tentara.

Setibanya di tempat tujuan, bukan sekolah yang Jepang dijanjikan, para gadis ini malah dimasukan ke dalam rumah. Para tentara Jepang yang pulang berperang, bebas berkunjung ke rumah itu memuaskan seksnya.

Halaman 2 dari 4 halaman
    

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait