Kemhub Siapkan Kapal Pelni dan TNI AL Angkut Pemudik Sepeda Motor

Pemudik sepeda motor naik ke atas Kapal KMP Menumbing Raya di Pelabuhan Tegal, Jateng, Sabtu (2/8).
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengalokasikan anggaran Rp 20 miliar untuk program angkut gratis sepeda motor dengan kapal di musim mudik Lebaran 2015.

Dirjen Perhubungan Laut Kemhub Bobby R Mamahit mengatakan, dengan dana tersebut, pihaknya akan mengerahkan dua kapal dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan dua kapal perbantuan TNI AL. "Kami anggarkan double tahun ini Rp 20 miliar, nanti ada empat kapal dari Pelni dan Kapal TNI AL," katanya.

Bobby menyebutkan, dengan empat kapal tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pemudik sepeda motor dari 5.100 pemudik pada Lebaran tahun 2014 menjadi 10.000 pemudik pada Lebaran 2015. "Artinya kami sudah ada persiapan, dengan anggaran yang double, kami harapkan cukup untuk menampung pemudik," ujarnya.

Mudik gratis menggunakan moda transportasi laut semakin diminati, terutama oleh para pengendara sepeda motor. Banyak keuntungan yang didapat seperti menghemat bahan bakar karena sepeda motor ikut naik kapal. Kemudian, tentu saja tidak secapek mengendarai sepeda motor di jalan raya.(Beritasatu)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait