Kapal Perang Cina Memperingatkan Pesawat Patroli Filipina

Wilayah sengketa Cina 
Sebuah kapal perang Cina ditempatkan di dekat karang reklamasi di bagian daerah yang disengketakan di Laut Cina Selatan member "lampu kuat" pada pesawat militer Filipina saat melakukan patroli maritim, sumber militer Filipina mengatakan Kamis.

Senin lalu, Filipina merilis sebuah foto pengawasan yang menunjukkan reklamasi Tiongkok yang berlangsung pesat di wilayah terumbu karang di Kepulauan Spratly Laut China Selatan yang menjadi sumber sengketa Tiongkok dan negara-negara ASEAN.

"Sebuah pesawat jenis Fokker milik Angkatan Udara Filipina ditantang oleh sebuah kapal Tiongkok di dekat Subi Reef, memberikan cahaya kuat saat pesawat terbang di atas wilayah sengketa," kata seorang pejabat angkatan udara Filipina kepada Reuters, yang menolak disebutkan namanya karena tak diizinkan berbicara pada pers.

Ini merupakan pertama kalinya sebuah kapal perang Cina telah memperingatkan pesawat Filipina yang tengah berpatroli di daerah yang disengketakan di Laut Cina Selatan, kata pejabat militer lainnya.

Petugas militer yang menolak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat patroli itu sedang terbang dalam ketinggian sekitar 5.000 kaki (1.500 meter) di atas karang yang diduduki Cina, dan diperingatkan oleh kapal, melalui radio, untuk menjauh dari daerah.(Tribunnews)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait