Blokade Kapal Iran, AS Kirim Kapal Induk ke Yaman

Kapal Induk USS Theodore Roosevelt. 
Angkatan Laut AS telah mengirimkan sebuah kapal induk dan kapal penjelajah pemandu rudal ke perairan dekat Yaman. Kehadiran keamanan maritim AS disebabkan kekhawatiran konflik Yaman yang terus meningkat.

Seperti dilansir Channel News Asia pada 21 April 2015, Angkatan Laut AS mengirim kapal induk USS Theodore Roosevelt dan pendampingnya, USS Normandia, dari Teluk ke Laut Arab pada hari Minggu, 19 April 2015. 

Kapal-kapal ini akan bergabung dengan tujuh kapal perang AS lainnya di perairan dekat Yaman. Saat ini Yaman dilanda pertempuran antara pemberontak Houthi yang didukung Iran dengan pasukan yang setia kepada Presiden Yaman yang didukung AS.

Angkatan Laut AS mengatakan telah meningkatkan kehadirannya di daerah untuk "memastikan jalur pelayaran penting di wilayah ini tetap terbuka dan aman." Pengiriman kapal induk itu terjadi setelah pejabat AS memantau konvoi tujuh kapal Iran yang diyakini menuju Yaman.

Di Gedung Putih, juru bicara Josh Earnest mengakui kekhawatiran tentang pengiriman senjata dari Teheran ke Houthi. "Kami telah melihat bukti bahwa Iran memasok senjata dan bentuk-bentuk dukungan kepada Houthi di Yaman. "Itu jenis dukungan yang hanya akan memberikan kontribusi untuk kekerasan yang lebih besar di negara itu, negara yang sudah disiksa oleh terlalu banyak kekerasan," ujar Earnest. 

Kapal perang AS lainnya di kawasan ini mencakup dua kapal perusak, dua tambang penyapu, dan tiga kapal amfibi yang membawa 2.200 Marinir AS.(TEMPO)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait