AS Sepakat Jual Rudal Mutakhir ke Mesir

Drone AS dilengkapi rudal Hellfire II 

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah sepakat untuk menjual rudal mutakhirnya kepada Pemerintah Mesir. Hal itu dilakukan sejak Gedung Putih mencabut pembekuan penjualan senjata ke Mesir.

Seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (10/4/2015), Pemerintah Mesir telah melakukan permintaan untuk membeli rudal 356 AGM-114K/R3 Hellfire II milik Pemerintah AS yang ditaksir seharga USD57 juta.

Pada 31 Maret 2015, Pemerintahan Obama telah mengakhiri larangan penjualan peralatan militer kepada Mesir. Hal itu diberlakukan setelah penggulingan Pemerintahan Presiden Mohamed Morsi pada 2013.

Sejak Pemerintahan Mesir jatuh ke tangan Presiden Abdul Fattah as Sisi, penjualan peralatan militer AS mulai mengalir kembali.

Ternyata, kesepakatan AS untuk menjual rudal mutakhirnya bertepatan dengan bergabungnya Mesir dengan koalisi Arab Saudi, yang terus meluncurkan serangan udara ke Yaman sejak 26 Maret 2015.

Sementara itu, Pemerintah AS dilaporkan menyediakan logistik dan peralatan militer untuk koalisi Teluk pimpinan Arab Saudi. Mereka juga mempercepat pasokan senjata ke Kota Riyadh, Arab Saudi. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri AS, Antony Bliken. (Okezone)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait