Sepuluh Pesawat Tempur MiG yang Paling ‘Lincah’

Rostislav Apollosovich Belyakov, Desainer Umum MiG yang merupakan insinyur aeronautika ternama Rusia, wafat pada 28 Februari 2014 di usia 95 tahun. Belyakov lahir pada 4 Maret 1919 di Murom, wilayah yang terletak 278 kilometer dari Moskow. Setelah lulus dari Moscow Aviation Institute pada 1941, ia bergabung dengan Unit Desain Khusus di Aviakhim Aircraft Plant № 1, yang saat itu dipimpin oleh Kepala Desainer Artem Mikoyan.

Tak perlu waktu lama, Belyakov segera menjadi ahli spesialis di bidang sistem kontrol pesawat dan pendaratan pesawat. Ia terlibat aktif dalam pembuatan pesawat tempur MiG yang pertama. // MiG-3 merupakan pesawat tempur Soviet yang digunakan selama Perang Dunia II.

MiG-9 merupakan pesawat tempur turbo pertama yang dirancang oleh Mikoyan-Gurevich tak lama setelah Perang Dunia II berakhir. Pesawat ini menggunakan mesin BMW 003 Jerman yang dimodifikasi.

MiG-15 adalah jet tempur yang dirancang oleh Mikoyan-Gurevich untuk Uni Soviet. MiG-15 merupakan jet tempur swept-wing pertama yang sukes mengalahkan semua jenis pesawat straight-wing milik musuh.

MiG-17 merupakan pesawat tempur high-subsonic yang diproduksi oleh Uni Soviet sejak 1952 dan dioperasikan oleh berbagai pasukan udara dengan berbagai variasi.

MiG-19 merupakan pesawat tempur generasi kedua Soviet yang memiliki tempat duduk tunggal dan mesin jet kembar. Pesawat ini adalah pesawat Soviet pertama yang dapat terbang dengan kecepatan supersonik.

MiG-21 merupakan pesawat tempur supersonik yang dirancang oleh Biro Desain Mikoyan-Gurevich di masa Uni Soviet. Pesawat ini dijuluki "Balalaika", karena tampilan pesawat ini terlihat seperti instrumen musik tradisional Rusia.
Sumber : RBTH Indonesia

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait