SBY Resmikan Museum Paviliun 5 Akademi Militer

SBY berpidato di peresmian Museum Paviliun 5 di komplek Akmil Magelang, Jateng, 17 Oktober 2014. Paviliun 5 merupakan tempat tinggal SBY saat jadi taruna berprestasi 1973 dan dijadikan museum sebagai penghormatan kepada SBY.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pembentukan sejumlah pasukan tempur baru di tubuh Tentara Nasional Indonesia pada masa-masa akhir jabatannya, Jumat, 17 Oktober 2014. Selain itu, ia juga meresmikan Museum Paviliun 5 Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Paviliun ini merupakan tempat tinggal bagi taruna Akmil yang dinilai berprestasi. Ada dua bagian paviliun, A dan B. Masing-masing terdiri atas ruang utama, dua kamar tidur, dan kamar mandi.

Satu di antara para taruna yang pernah tinggal di tempat itu adalah Presiden SBY, yang kala itu menjabat sebagai Komandan Divisi Korps Taruna Akabri Umum dan Darat. "Di sinilah kami belajar, berlatih, dan berkomunikasi sebelum menjadi perwira-perwira militer," kata SBY dalam sambutan peresmian museum. "Semoga bisa menjadi inspirasi."

SBY, kala itu berpangkat Sermatutar, tinggal di Paviliun 5A pada 1973. Ia tinggal di paviliun itu bersama Agus Wirahadi Kusuma, Darjoto, dan Glenny Kauripan. Adapun di Paviliun 5B, tinggal Syamsul Maarif, Arif Sugiyoto, A. Basri Nababan, dan Widya Bagya.

Pada 1974, Paviliun 5A ditempati oleh Prabowo Subianto. Ia tinggal bersama dengan Sjafrie Sjamsoedin, Agustadi Sasongko, dan Bambang Suranto. Pada 2000, paviliun ini ditempati oleh Agus Harimurti Yudhoyono, anak SBY.

Di museum itu dipajang sebuah pesawat telepon. Sarana komunikasi hanya ada di Paviliun 5 dan digunakan berkomunikasi antara kelompok komando korps taruna dengan pejabat Akmil. Selain itu, di tempat itu juga dipajang meja, rak, dan buku-buku yang pernah digunakan SBY. Di kamar yang pernah ditempati SBY juga dipajang benda-benda yang pernah ia gunakan.

Di kamar itu pula dipajang patung setengah badan Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo. Sarwo Edhie, yang pernah pernah menjabat Gubernur Akabri, adalah ayah Kristiani Herrawati, istri SBY. 

TEMPO

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait