Masa Kecil Mantan KSAU Yuyu Sutisna, Jadi Tukang Pikul Air di Desa

 Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna merupakan seorang mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) pada tahun 2018 hingga 2020. Sebelumnya, ia pernah memegang beberapa jabatan strategis di militer.


Sebut saja Wakil Kepala Staf TNI AU, Panglima Kohanudnas, Panglima Komando Operasi AU I dan Komandan Lanud Iswahjudi. Serta Atase Pertahanan RI di Washington DC, Amerika Serikat.


Di balik karier moncer di militer, ternyata terdapat perjuangan Yuyu Sutisna cukup sulit. Sejak kecil, dia sudah merasakan getirnya kehidupan. Yuyupernah menjadi tukang pikul air dari lereng bukit. Dia juga pernah rumahnya di desa mengalami penggusuran.


Ingin tahu kisah inspiratif dari sosok Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna? Simak informasinya berikut ini.

Yuyu Sutisna lahir di sebuah desa terpencil di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat pada 10 Juni 1962. Semasa kecilnya, ia sudah terbiasa hidup sederhana bersama keluarganya.

Meski sebelumnya ia pernah hidup layak di Kota Bandung, tapi rumahnya harus ikut digusur dan menetap di Cicalengka.


Sejak mengenyam pendidikan di sekolah, Yuyu Sutisna sudah terbiasa menjadi tukang pikul air dari lereng bukit ke rumahnya. Baik untuk kebutuhan sehari-hari, maupun membantu yang lain.


Awal Karier


Lucunya, Yuyu Sutisna yang terbiasa hidup dan sekolah di desa tidak mengenal nama-nama latihan seperti push up dan scott jump. Sehingga hanya bisa meniru para rekannya saat masih duduk di bangku pendidikan militer.


Yuyu Sutisna mengawali karier militernya sebagai Letnan Dua Perwira Penerbang di Lanud Iswahjudi. Jabatan itu disandangnya setelah lulus dari Akademi Angkatan Udara (AAU) pada September 1986.


Sejak itulah prestasi yang menanjak membawa nama Yuyu Sutisna bertengger sebagai Penerbang Tempur F-5 Tiger dan mencapai puncak menjadi Komandan Skadron Udara 14 (Skadud 14), Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.


Bertugas di Amerika


Perjalanan karier cemerlang dilalui Yuyu Sutisna sejak 1988 hingga 2005. Sampai tahun 2006 dia menerima tanggung jawab baru sebagai Atase Pertahanan RI, di kantor Atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Washington DC, Amerika Serikat.


Meski berasal dari keluarga sederhana, tak pernah membuat Yuyu Sutisna merasa pesimis untuk membuktikan kemampuan. Semua terlihat nyata dari berbagai prestasi yang ditorehkannya. Serta deretan jabatan penting yang telah diembannya selama di TNI Angkatan Udara.


Prestasi Yuyu Sutisna

Sebagai seorang lulusan penerbang, Yuyu Sutisna pernah meraih Badge 2.000 jam terbang dengan pesawat F-5 Tiger II tahun 2001. Selain itu, ia juga telah mendapat total 4.250 jam terbang dengan rating F-5 Tiger, FMK53, Cessna dan Bravo Charlie.


Beberapa kali Yuyu Sutisna mengemban tugas sebagai Komandan dan instruktur penerbang, di antaranya Perwira Penerbang Skadud 14 Wing 3 Lanud Iswahjudi, Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto, serta Danflight Skadud 14 Lanud Iswahjudi.


Pelanggan Gorengan di Kantin Yu Pri

Sosok Yuyu Sutisna memang terkenal berwibawa dan sederhana. Meski dulu saat masih menjabat sebagai KSAU, dia tetap mau menikmati makanan sederhana di kantin Yu Pri, Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi. Diakuinya sebagai bentuk nostalgia semasa muda bertugas di sana.


"Pelanggan tempe mendoan Yu' Pri sekarang sudah menjadi orang nomor 1 di #TNIAU," tulis dalam keterangan cuitan akun @_TNIAU di Twitter.


Pelanggan tempe mendoan Yu' Pri sekarang sudah menjadi orang nomor 1 di #TNIAU.


Kemarin, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Ny. Ayu Yuyu Sutisna menyempatkan diri mampir di kantin Yu' Pri di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Magetan untuk bernostalgia.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait