Iran Akan Memproduksi Heavy Submarine Domestik

Industri Pertahanan Iran memiliki rencana untuk merancang dan juga membangun kapal selam generasi baru yang beratnya 3.200 ton, memiliki panjang 87 meter dan diameter 10 meter, seperti dilansir dari laman Fars News Agency.

Desain kapal selam baru tersebut baru-baru ini telah diluncurkan oleh Iran.

Negara itu sebelumnya memproduksi dan mengoperasikan kapal selam ringan Qadir yang berbobot 150 ton dan berencana untuk meluncurkan kapal selam Fateh berbobot 500 ton.

Iran telah membuat prestasi besar dalam pembuatan berbagai senjata dan peralatan militer. Dua kapal selam baru kelas Qadir yang di indigenisasi bergabung dengan armada Angkatan Laut IRGC Iran di perairan selatan Teluk Persia pada akhir November.

Kapal selam tersebut mampu meluncurkan rudal permukaan-ke-permukaan, torpedo dan ranjau telah diluncurkan saat upacara di kota pelabuhan wilayah selatan Iran, Bandar Abbas. Kepala Staf Angkatan Laut IRGC Laksamana Muda Hossein Khanzadi menghadiri upacara yang diadakan pada kesempatan Hari Angkatan Laut.

Kapal selam kelas Qadir dirancang untuk berlayar di perairan dangkal di Teluk Persia untuk memastikan perdamaian dan keamanan perbatasan maritim Iran.

Pada akhir Juli, Laksda Khanzadi mengumumkan bahwa kapal selam kelas Fateh adalah merupakan kapal selam kelas menengah pertama yang dibangun oleh Republik Islam Iran juga akan segera diluncurkan.

Ayatullah Sayyid Ali Khamenei dalam pertemuan dengan para pejabat dan komandan IRGC pada akhir November mengatakan bahwa pengiriman kapal perusak Sahand dan kapal selam Fateh dan Qadir ke Angkatan Laut menunjukkan kemungkinan untuk kemajuan lebih lanjut.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait