Sepele, China Hanya Sebarkan Tank Ringan di Perbatasan Untuk Hadapi T-90 India

China mengerahkan tank ringan Xinqingtan ke perbatasan India. © autohome.com.cn

Angkatan Darat China mempercepat pembangunan militernya diwilayah Tibet, di sepanjang Jalur Pengendalian Aktual (LAC) dengan India. Militer China telah mengerahkan tank ringan terbarunya di sepanjang perbatasan, seperti dilansir dari China topix.

Tank ringan ZTQ dirancang khusus untuk beroperasi didaerah pegunungan maupun dataran tinggi seperti Tibet pertama kali diungkap kepada media pada tahun 2011. Tank tersebut di kenal sebagai ZTQ yang terdengar aneh karena ZTQ adalah sebutan generik pada kendaraan lapis baja ringan China.

Angkatan Darat PLA telah memperbaiki kelalaian tersebut dan sekarang ZTQ disebut sebagai “Xinqingtan”. Juga diakui pertama kalinya oleh militer bahwa tank ringan Xinqingtan telah di sebar disepanjang perbatasan Tibet dan India, tanpa menyebut secara rinci jumlahnya.

Menurut media pemereintah China, bahwa Xinqingtan dimiliki oleh brigade terpadu PLAGF (Angkatan Darat PLA). Dikatakan bahwa penyebaran tank ringan memperluas kemampuan brigade ini dan telah meningkatkan daya tempur mereka.

Militer China juga memuji Xinqingtan, dan menggambarkan bahwa daya gempur senjata tank kecil itu “jauh lebih maju” daripada tank T-90S buatan Rusia yang telah dikerahkan terlebih dulu ke perbatasan oleh India.

Klaim itu tampak terlalu percaya diri, karena T-90S Angkatan Darat India merupakan tank tempur utama (MBT) yang berukuran lebih besar dengan meriam smoothbore 125 mm, dan tank ringan Xinqingtan hanya menggunakan meriam 105 mm. Selain itu pelindung lapis baja pada T-90S juga jauh lebih tebal dari pada tank Xinqingtan buatan China.

Tank ringan Xinqingtan ke perbatasan India. © China Defense

Media pemerintah China mengatakan bahwa tank ringan Xinqingtan memiliki persenjataan sekunder yang terpasang di menara, yang terdiri dari peluncur granat 35 mm dan senapan mesin berat 12,7 mm.

Meriam 105 mm dan senjata kaliber yang lebih kecil pada tank Xinqingtan tersebut telah di sesuaikan sehingga bisa menembak pada sudut yang tinggi,  dan membuatnya cocok untuk pertempuran di pegunungan.

Tank yang ringan dan bermesin diesel yang kuat membuatnya sangat cocok untuk melawan tipisnya oksigen, lingkungan dengan ketinggian tinggi seperti di perbatasan China-India.

Tank Xinqingtan memiliki sistem kendali tembakan yang canggih dan meriam 105 mm-nya mampu menembakkan amunisi konvensional dan peluru kendali. Dengan kemampuan itu, memungkinkan tank Xinqingtan tersebut untuk menembak jatuh helikopter musuh, salah satu ancaman utama bagai tank di medan perang.

Versi ekspor dari tank Xinqingtan akan disebut dengan VT-5.

Perusahaan Norinco (North Industries Group Corporation), adalah produsen tank terbesar di China, mengatakan bahwa tank VT-5 dimaksudkan mengisi ceruk dipasar ekspor untuk kendaraan lapis baja yang tidak seberat atau semahal MBT Leopard 2 Jerman ataupun M1A2 Abrams Amerika Serikat.

Sumber : Jakartagreater

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait