Saudi Tolak Negosiasikan Tuntutan, Qatar Murka

Qatar melemparkan kecaman keras kepada Arab Saudi karena menolak untuk menegosiasikan
tuntutan yang mereka sampaikan kepada Doha. Foto/Istimewa

WASHINGTON - Qatar melemparkan kecaman keras kepada Arab Saudi karena menolak untuk menegosiasikan tuntutan yang mereka sampaikan kepada Doha. Menurut Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani, sikap Saudi tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dalam hubungan internasional.

Thani, yang berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson di Washington menuturkan, sikap Saudi tersebut adalah sesuatu hal yang tidak bisa diterima.

"Ini bertentangan dengan prinsip-prinsip yang mengatur hubungan internasional, karena Anda tidak bisa hanya menyajikan daftar tuntutan dan menolak untuk bernegosiasi," kata Thani, seperti dilansir Russia Today pada Rabu (28/6).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Jubeir menegaskan, tuntutan yang mereka sampaikan kepada Qatar adalah sesuatu yang tidak bisa dinegosiasikan. Jubeir menuturkan, Qatar hanya memiliki dua pilihan, menerima atau menolaknya.


"Permintaan kami pada Qatar tidak bisa dinegosiasikan. Sekarang, semuanya tergantung pada Qatar untuk mengakhiri dukungannya terhadap ekstremisme dan terorisme," kata Jubeir melalui akun Twitternya, seperti dilansir Albawaba pada Rabu (28/6).


Qatar sendiri sejatinya telah memilih membangkang atau menolak untuk menuruti 13 tuntutan yang diajukan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir, sebagai syarat pencabutan blokade. Thani menyatakan, tuduhan untuk menuntut Qatar itu tanpa bukti. 

Sumber : SINDO

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait