Mata militer Ceko memandang sistem pertahanan udara mid-range

(sumber : Defence)

WARSAW, Polandia - Kementerian Pertahanan Ceko berencana untuk membeli empat baterai sistem pertahanan udara mid-range, yang akan diintegrasikan dengan radar 3-D Israel yang harus dipasok ke militer negara tersebut.

Sumber Kementerian Pertahanan Ceko mengatakan kepada harian lokal Pravo bahwa badan tersebut bertujuan untuk memberikan kontrak rudal pada akhir tahun ini. Pengadaan tersebut diperkirakan bernilai sekitar 11 miliar koruna (US $ 469 juta). Berdasarkan rencana tersebut, sekitar 30 persen kesepakatan akan diberikan kepada perusahaan pertahanan Ceko.

Sistem pertahanan udara harus diaktifkan dengan jangkauan hingga 50 kilometer. Tahun lalu, Menteri Pertahanan Ceko Martin Stropnicky mengumumkan bahwa militer negara tersebut akan mengakuisisi delapan radar multi misi ELM-2084 dari Elta Systems, anak perusahaan Israel Aerospace Industries, dengan kontrak senilai 2,9 miliar koruna. Pengiriman radar, yang dikembangkan untuk Iron Dome dan akan menggantikan peralatan yang dirancang Soviet Soviet, dijadwalkan untuk tahun 2019 sampai 2021.

Pengumuman tersebut datang saat Praha berencana untuk meningkatkan pengeluaran militernya di tahun-tahun depan. Stropnicky mengatakan bahwa anggaran pertahanan negara bisa mencapai 2 persen dari produk domestik bruto pada tahun 2025. Tahun ini, Republik Ceko akan menghabiskan sekitar 1,08 persen dari PDB untuk angkatan bersenjata, yang merupakan rasio tertinggi sejak 2012.

Sumber : Defense

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait