China Kembangkan CATOBAR Untuk Kapal Induk


Awal tahun ini, beredar foto-foto dari Pangkalan Udara Huangdicun yang diposting secara online menunjukkan bahwa kapal induk China akan dikonfigurasi untuk operasi Catapult-Assisted Take-Off But Arrested Recovery (CATOBAR), menurut IHS Jane.

Pesawat tempur J-15 dalam foto diatas tampak memiliki tiang ketapel peluncuran pada roda depan, membuatnya menjadi salah satu pesawat tempur China yang pertama kali menguji infrastruktur CATOBAR. Jet tempur J-15 China ini didukung dengan mesin turbofan AL-31 buatan Rusia.

Pada awal penampakan tersebut, IHS Jane menulis “Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari program tersebut ataupun bukti nyata dari konstruksi CATOBAR, tetapi ada cukup banyak spekulasi bahwa produksi modul awal saat ini sudah berlangsung”.

Di galangan kapal Dalian, China, sebuah kapal induk saat ini sedang dibangun menggunakan metode operasi pesawat Short Take Off But Arrested Recovery (STOBAR). Metoda STOBAR ini membuat lebih sulit untuk mengoperasikan pesawat berat dan kurang tangguh dalam operasi kapal induk, hal ini akan mencegah China untuk mengambil keuntungan penuh dari kekuatan udaranya.

Penggunaan sistem CATOBAR yang ditingkatkan akan mendukung pengoperasian kapal induk masa depan dengan pesawat tempur berat dan lebih efisien, menurut US Naval Institute.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait