Radiasi Nuklir Terdeteksi di Taman Bermain Tokyo

Radiasi Nuklir Terdeteksi di Taman Bermain Tokyo
Pihak berwenang di Kota Tokyo, Jepang, dilaporkan menyegel sebuah taman bermain karena terkena radiasi nuklir tingkat tinggi. Pihak berwenang dan Kepolisian Tokyo pun dilaporkan menutup taman bermain tersebut.

Dengan ancaman radiasi nuklir di taman bermain itu, mengingatkan kembali kekhawatiran penduduk Tokyo akan kontaminasi nuklir dari bencana di Fukushima.

Pihak berwenang di Tokyo telah melakukan pengukuran kadar radiasi di taman bermain tersebut dengan menggunakan regulator nuklir. Hasilnya, salah satu area tercatat memiliki 480 microsieverts (satuan pengukuran radiasi). Jumlah itu dinilai termasuk radiasi yang berbahaya.

Petugas yang berwenang mengukur tingkat radiasi di taman bermain tersebut menyatakan heran di sebuah taman bermain di pusat Kota Tokyo bisa terdapat tingkat radiasi nuklir yang tinggi. Padahal, Tokyo berada sejauh 250 kilometer dari Kota Fukushima yang pernah terkena dampak radiasi nuklir.

“Kami masih akan melanjutkan investigasi untuk mencari tahu penyebab area taman bermain tersebut memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi. Kami juga akan mencari tahu jenis zat radioaktif itu,” ujar petugas berwenang bernama Kyoko Tsujimura, seperti dilansir Reuters, Sabtu (25/4/2015).

Kasus ditemukannya tingkat radiasi nuklir tinggi di taman bermain itu menjadikan Tokyo sebagai kota yang terjangkit radiasi di dua area berbeda dalam sepekan terakhir.

Sebelumnya, sebuah pesawat tanpa awak (drone) yang memancarkan radiasi ditemukan di atap gedung Kantor Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.(Okezone)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait