Indonesia-Kamboja Sepakat Jalin Kerja Sama Bidang Militer

Presiden Jokowi
Indonesia dan Kamboja sepakat menjalin kerjasama di bidang militer. Kesepakatan itu terjalin setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Hun Sen di sela-sela peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (21/4). 

Presiden menuturkan, Indonesia telah melatih 6 ribu angkatan udara dan pengawal perdana menteri Kamboja. Setelah kerjasama itu, pemerintah menawarkan pada Kamboja untuk membeli perlangkapan militer dari Indonesia.

"Tadi saya tindaklanjuti setelah latihan itu tentu saja saya sampaikan perlu senjata, perlu seragam militer. Saya menawarkan agar Kamboja bisa membeli seragam dan persenjataannya dari Indonesia," ucapnya di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (21/4). 

Jokowi berharap, Kamboja menerima tawaran tersebut sehingga hubungan ekonomi kedua negara semakin kuat. 

Seperti diketahui, Indonesia telah melakukan pelatihan intensif terhadap ribuan prajurit Kamboja selama empat bulan di bawah pengawasan tim supervisi pelatih dari Pasukan Pengamanan Presiden (Pampampres). Pelatihan tersebut telah digelar pada 2014 lalu di Bogor, Jawa Barat.(Republika)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait