India Akan Membuat "Copycat" Kapal Induk HMS Queen Elizabeth!

India Akan Membuat "Copycat" Kapal Induk HMS Queen Elizabeth!

India segera berencana membangun supercarrier canggih versi tiruan dari HMS Queen Elizabeth milik Royal Navy, namun ini legal karena India melakukan perbincangan dengan Royal Navy. Delegasi India telah mengunjungi Rosyth shipyard di Skotlandia tempat HMS Prince of Wales supercarrier dari Queen Elizabeth class berada. Rencananya jika disepakati India akan membeli supercarrier tersebut dengan berat 65.000 ton dan membangunnya di India pada tahun 2022 mendatang dengan nama INS Vishal, Inggris akan mengirim pasokan peralatan supercarrier dan di rakit di India.

Kedepannya supercarrier copycat bernama INS Vishal seberat 65.000 ton tersebut akan bertugas berdampingan dengan INS Vikramaditya 45.000 ton dan INS Vikrant 40.000 ton. Namun INS Vishal kedepannya memiliki sistem peluncur sedikit berbeda, karena India menginginkan menggunakan pesawat yang lebih berat ketimbang F-35B yang digunakan Royal Navy di HMS Queen Elizabeth. Menteri Pertahanan Stuart Andrew tetap bungkam tentang kemungkinan kesepakatan. 

Dia mengatakan: “Kami memiliki diskusi rutin dengan India tentang berbagai masalah peralatan dan kemampuan. 

Tidak pantas berkomentar lebih lanjut." Desain untuk kapal induk Inggris dimiliki oleh raksasa kedirgantaraan Inggris dan Prancis BAE dan Thales. Seorang juru bicara BAE mengatakan: “Diskusi telah dimulai dengan India. Desain dapat dimodifikasi untuk memenuhi Angkatan Laut India dan persyaratan industri lokal.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait