Bahas Penempatan Pasukan, Turki Kirim Delegasi Militer ke Qatar

Delegasi militer Turki tersebut datang ke Qatar untuk membahas persiapan pembentukan sebuah
pangkalan militer untuk penempatan pasukan Turki di negara tersebut. Foto/Istimewa
ANKARA - Staf Umum militer Turki mengatakan, mereka telah mengirimkan tiga orang delegasi ke Qatar. Delegasi militer Turki tersebut datang ke Qatar untuk membahas persiapan pembentukan sebuah pangkalan militer untuk penempatan pasukan Turki di negara tersebut. 

"Tiga orang delegasi kami telah dikirim ke Qatar pada 12 Juni untuk mempersiapkan sebuah basis bagi pasukan Turki melaksanakan pekerjaan yang diperlukan dan membangun koordinasi," kata Staf Umum militer Turki dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa kesepakatan kerjasama pengerahan Angkatan Bersenjata Turki di Qatar untuk tujuan pelatihan militer sejatinya sudah dicapai sejak Juni 2015 lalu, dan pelaksanaannya dimulai pada bulan Oktober tahun yang sama.

"Sejak saat itu, militer Turki dan Qatar saling melakukan kunjungan kerja untuk mengkoordinasikan kegiatan ini," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (14/6).

"Lalu, pada tanggal 28 April 2016, sebuah kesepakatan ditandatangani untuk mulai bekerja dalam pengerahan pasukan Turki di Qatar, yang telah disetujui oleh parlemen Turki pada bulan 7 Juni 2017. Dengan demikian, Turki telah menyelesaikan proses hukum untuk mengerahkan personel militer di Qatar," tukasnya.

Sementara itu, menurut Duta Besar Turki untuk Qatar, Ahmet Demirok, sekitar 3.000 tentara Turki tersebut, serta instruktur dan pasukan khusus, akan ditempatkan di pangkalan di Qatar. 

Sumber : Sindonews

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait