Penampakan Bersihnya Toilet di Markas Kopassus yang Dipuji Ahok

Toilet di markas kopassus
World Economic Forum (WEF) menempatkan toilet Indonesia termasuk jajaran terburuk di peringkat 40 dari 140 negara dan hanya dinilai 40 dari skala 100. Peringkat tersebut memang memprihatinkan. 

Tapi kesan kotor dan bau di sebuah toilet tidak akan ditemukan di Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur.

detikcom didampingi oleh Inspektur Kopassus Kolonel Infanteri Kartika Adi Putranta, Aslog Danjen Kopassus Kolonel Infanteri Taufik Shobri, Waasren Danjen Kopassus Letkol Infanteri Agustinus Dedi dan Dandenma Kopassus Letkol Infanteri Leonardo Sebastian dan Kepala Penerangan Kopassus Mayor Munir, berkesempatan untuk berkeliling Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (19/4/2015). S‎ejumlah toilet yang tersedia terlihat kinclong dan harum.

Toilet pertama yang dilihat adalah toliet di Gedung Utama Sarwo Edhie. Gedung 2 lantai yang menjadi kantor para pimpinan Kopassus dan tempat pertemuan penting ini memiliki sejumlah toilet untuk tamu. 

Ketika masuk, perhatian kita akan tertuju pada hiasan dinding berupa lukisan bertema bunga dan alam. Ada tanaman hidup juga sebagai penghias di atas keramik batu alam yang terlihat natural. ‎Sekat kamar menggunakan kaca doff menambah kesan mewah. Begitu juga dengan washtafel dan cermin yang kinclong.

Mungkin hanya toilet di gedung ini saja yang bersih. Sebab, gedung utama tersebut menjadi tempat‎ para jenderal dan tamu penting melakukan pertemuan. Tentu saja kebersihannya selalu terjaga.

Ternyata tidak. Saat mencoba memasuki toilet di Lapangan Tembak Rama-Shinta, pemandangan serupa pun terlihat. Padahal lapangan tembak ini tempat para prajurit 'berkotor-kotor' saat latihan. Kebersihan dan estetika ruangannya tak kalah dengan toilet 'para jenderal' di gedung utama sebelumnya

Hal yang sama juga ditemukan di Lapangan Tembak Ksatria. Karena lapangan ini juga digunakan oleh para anggota Tribuana Shooting Club, maka sejumlah fasilitas terlihat lebih lengkap dan mewah dari tempat-tempat sebelumnya.

Ada loker dan kamar mandi yang biasa kita temukan di tempat-tempat fitnes ternama.‎ Ada juga kolam dengan ikan warna warni beserta tumbuhan yang menyegarkan mata. 



Di lantai atas, ada ruangan besar yang bisa digunakan untuk tempat makan maupun pertemuan. Terdengar juga suara orang bernyanyi di salah satu sudut ruangan. Ternyata ada juga fasilitas karaoke bagi para member.

Pemeliharaan toilet di Markas Kopassus ini memang sangat diperhatikan. Selain kebersihan, estetika ruangan juga dipertimbangkan untuk kenyamanan penggunanya. 

"Mungkin saking bersihnya, setan pun nggak mau masuk di toilet-toilet kita," seloroh seorang anggota Kopassus.

Soal bersihnya toilet ini juga pernah dipuji oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok yang ketika itu sempat mampir ke Markas Kopassus terkejut dengan bersihnya toilet di markas pasukan elit TNI Angkatan Darat itu. 

Bahkan Ahok menyebut toilet di Markas Kopassus jauh lebih bersih dari toilet yang ada di kantornya di Balaikota.(DETIK)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait