Shukoi Su-35 Diharapkan Dapat Beri Efek Gentar Tinggi

Pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35. Pesawat ini termasuk jenis pesawat tempur generasi kelima / Foto: defenseindustrydaily.com
Pemerintah Indonesia telah memutuskan membeli satu skuadron pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35. Pemiilihan Sukhoi Su-35 itu diharapkan dapat memberikan efek gentar yang tinggi di kawasan.

"Menurut saya pemilihan Shukoi Su-35 diharapkan dapat memberikan efek gentar yang tinggi," ujar Pengamat militer Susaningtyas Kertopati kepada Sindonews, Jumat (13/3/2015).

Selain itu, kata dia, diharapkan Indonesia tidak tergantung dengan satu negara tertentu dalam pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Hal demikian, menurut dia, untuk mengantisipasi terjadinya embargo, seperti yang pernah dialami waktu lalu.

"Dengan Shukoi 27/30 saja efek gentar tersebut sudah dirasakan," ucap wanita yang akbar disapa Nuning ini.

Sekadar diketahui, pemerintah sepakat memilih pesawat tempur generasi kelima Sukhoi (Su-35) buatan Rusia, sebagai pengganti pesawat F-5 yang sudah tidak laik terbang.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyampaikan, keputusan pembelian pesawat tempur tersebut melalui proses yang panjang. Prosesnya diawali pembicaraan antara Pemerintah Indonesia dengan Rusia dan dilanjutkan antara Kemhan kedua negara tersebut. (Sindonews)

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait