UEA Siap Beli Tank Boat Indonesia

Desain Tank Boat (TankBoat.com)

Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani MoU kesiapan mereka dalam pembelian senjata dan Tank Boat dengan PT Pindad Indonesia, seperti dikatakan Deputi Bidang Industri Pertambangan, Industri Strategis dan media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno kepada Liputan6.com, (10/3/2017).

“Dari UEA, Pindad sudah MoU soal pembelian senjata dan tank boat,” ujar Fajar Harry Sampurno. UAE juga telah membeli pesawat dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) untuk jenis CN235.

Kerjasama PT Pindad, PT Laudin Industry Invest dan CMI Defence

Tank Boat diperkenalkan PT Pindad dalam Indo Defence 2016, yang merupakan hasil kerja sama antara Pindad dengan perusahaan lokal PT Laudin Industry Invest dan CMI Defence asal Belgia. Tank Boat ini diberi nama Antasena yang dilengkapi meriam 105 mm dengan jangkauan 5 km untuk direct hit da 10 km untuk tembakan tidak langsung. Meriam ini juga bisa memuat Anti-Tank Guided Missile Falarick.



Tank Boat X18 merupakan catamaran inovatif, cepat, stealth, yang memiliki manuver yang sangat handal dengan menyediakan platform senjata yang stabil untuk dukungan tembakan langsung jarak dekat dan jarak jauh di wilayah pesisir dan sungai yang biasanya tidak dapat diakses. Hull dari kapal catamaran X18 ini dibuat oleh PT Laudin Industry Invest.

Tank boat yang terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran ini memiliki panjang 18 m dan mampu beroperasi di perairan dangkal dan laut dalam. Berbekal mesin diesel buatan MAN, Antasena mampu melaju hingga kecepatan 40 knot dan memiliki daya jelajah 400 nautical mile (NM).

Pindad menggandeng CMI Defence yang memasang turret 105 mm untuk sistem persenjataannya. Selain itu, Antasena juga dibekali dengan sistem persenjataan lain seperti remote control weapon system (RCWS) dengan kaliber 7.62 mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih.

Tank boat juga mampu berfungsi sebagai kapal transportasi personel dan logistik, mampu mengangkut enam hingga 20 pasukan dan perlengkapan logistik, juga dapat digunakan dalam peran evakuasi medis jika diperlukan.

Ikuti kami di instagram @militerysindonesia

Artikel Terkait